Sinergi Bank Mandiri dan BKPM Guna Mendorong Investasi

Bank Mandiri menjalin kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait promosi bersama dan pelayanan jasa perbankan untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan bagi investor. Melalui kerja sama tersebut, Bank Mandiri akan mendukung BKPM terkait informasi mengenai proyek-proyek penanaman modal di Indonesia yang potensial bagi investor, khususnya investor asing.

IMG-20160809-WA0002

Kerja sama antara Bank Mandiri dan BKPM memang sudah terjalin cukup lama karena memang Bank Mandiri memberikan jasa layanan perbankan untuk berinvestasi. Namun, dengan sinergi yang baru ditandatangani ini Bank Mandiri akan menyediakan layanan perbankan yang dibutuhkan para investor untuk memaksimalkan investasi mereka di Tanah Air. Contoh, produk-produk treasury  yang terkait dengan transaksi konversi valuta asing maupun transaksi lindung nilai (hedging).

“Dengan proyeksi pertumbuhan nasional yang positif dan stabilnya situasi politik di Indonesia, diprediksikan Indonesia akan menjadi tujuan investasi yang sangat menarik. Investasi yang diharapkan dalam bentuk penanaman modal di sektor riil yang padat karya dari pada sektor finansial yang padat modal, namun melibatkan SDM yang terbatas,” kata Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri.

“Sebenarnya ke depan kami ingin lebih mensupport BKPM untuk bisa menjadi gateway investasi PMA yang di cabang-cabang kami di luar negeri dan membawa masuk ke daerah-daerah yang selama ini memang masih belum banyak disentuh oleh investor,” lanjutnya.

Bentuk kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua lembaga ini berupa penyelenggaraan event promosi untuk menarik investor  internasional. Sedangkan untuk daerah, masih belum ditentukan.

Di sisi lain, ketua BKPM, Thomas Trikasih Lembong , menilai bahwa kerja sama yang dilakukan merupakan salah satu langkah untuk membangun kerja sama dengan lemaga keuangan, baik nasional maupun internasional.

“Dengan adanya corporate customer base Bank Mandiri yang terpercaya, akan lebih mudah untuk memfasilitasi para calon investor untuk bertemu dengan mitra potensialnya. Sehingga diharapkan hasil yang konkrit, seperti business deals, dapat dicapainya dalam kegiatan promosi investasi tersebut,”jelasnya.

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah adanya kemudahan jalur informasi mengenai investasi yang sedang berkembang di Indonesia, meningkatkan kemudahan bagi investor aing yang potensial untuk berinvestasi di Indonesia dan sebaliknya meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan penanaman modal kepada investor.

Nota kesepahaman ini merupakan pembaruan dari nota kesepahaman sebelumnya yang ditandatangani pada tanggal 1 Agustus 2012. Berdasarkan nota kesepahaman pembaruan ini, BKPM dan PT Bank mandiri berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerja sama yang terjalin selama ini. Kegiatan-kegiatan promosi bersama yang telah dilakukan oleh BKPM dan PT Bank Mandiri, antara lain adalah Gelar Potensi Investasi Daerah/Regional Investment Forum, Program diskusi antara BKPM dan UKM mitra binaan PT Bank Mandiri, serta Forum Komunikasi Pemberdayaan Usaha Nasional. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)