Sinergi Corsec KSP Mendukung Jalannya Roda Perusahaan

Peran dan tugas Corporate Secretary (Corsec) dalam suatu perusahaan terbilang sangat vital, karena fungsi tugas bukan hanya berkutat kedalam tugas protokoler mengurus para direksi semata, namun corsec sebagai sekretaris perusahaan sesungguhnya merupakan garda terdepan khususnya sebagai representasi wajah perusahaan secara internal maupun eksternal. Untuk itu, dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawab kerjanya, corsec setiap perusahaan dituntut bekerja secara profesional, cekatan serta mampu bersinergi dengan baik, supaya roda perusahaan bisa berjalan dengan dinamis.

Tantangan dalam menjalankan tugasnya juga dirasakan oleh tim corsec Krakatau Sarana Properti (KSP), anak perusahaan Krakatau Steel (KS), yang baru setahun menjadi bagian unit baru. Dulu, KSP di bawah naungan KIEC kemudian KSI, hingga pada akhirnya bertransformasi dengan wajah baru yakni KSP (sejak 1 November 2021), yang membawahi sekitar 260 karyawan organik maupun kontrak.

“Kuncinya kami harus bisa bersinergi dan memahami karakter perusahaan tempat kita bekerja (serta pimpinan) dan harus cepat beradaptasi dengan situasi. Yang tidak kalah penting divisi seketaris perusahaan harus cekatan, tidak hanya memberikan informasi baik itu kepada direksi dan karyawan, tapi juga harus mengerti dan bisa mengatasi persoalan yang sifatnya pekerjaan rutin dengan sebaik mungkin," kata Saeful Rohman, Manager Corporate Secretary KSP.

KSP mengurusi pengelolaan kawasan industri Krakatau Steel di Kota Cilegon seperti berbagai aset area pergudangan, hotel, restoran, lapangan golf, sport center, perumahan dan tempat rekreasi water park. Peran dan tanggung jawabnya di tim corsec juga sama halnya dengan induknya, Krakatau Steel, antara lain bagaimana membuat perusahaan bekerja dengan situasi normal dan nyaman, selain tentunya sebagai jembatan antara direksi dan karyawan.

Meski sepak terjang divisi corsec KSP baru terbentuk tahun lalu, namun sebenarnya mereka sudah cukup lama bersinergi dalam naungan Krakatau Steel (dengan nama lama KSI). Hanya saja dengan transformasi baru saat ini, corsec KSP memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih luas lagi khususnya dalam hal yang bersinggungan dengan pengelolaan kawasan industri Krakatau Steel di Kota Cilegon.

Sejumlah kegiatan yang sudah dijalankan oleh tim Corsec KSP di antaranya melaksanakan kegiatan TKDT (tim kesiapsiagaan dan tanggap darurat) seperti latihan evakuasi pemadam kebakaran dan keselamatan para karyawan, program internalisasi keseluruh serikat pekerja, induction (pengenalan ruang lingkup kerja), roadshow keberbagai instansi BUMN, pemerintahan dan juga swasta, maupun mengatur kegiatan para direksi dan komisaris baik untuk urusan internal maupun eksternal.

Secara eksternal peran yang diemban oleh corsec KSP juga dirasakan di 20 kelurahan yang berada di ring satu wilayah industri Krakatau Steel, khususnya dalam kegiatan program corporate social responsibility (CSR). Antara lain rutin memberikan bantuan sembako, pengobatan gratis serta bantuan peralatan sekolah dan prasarana kebutuhan umum disetiap wilayah kelurahan.

Untuk itu dibentuk tim harmonisasi yang tujuannya memberikan bantuan secara rutin keberbagai wilayah kelurahan dan kecamatan yang ada di sekitar area kawasan industri Kota Cilegon. Tim corsec turun langsung bersilahturahmi melakukan pertemuan rutin setiap bulan dengan para lurah dan tokoh masyarakat setempat untuk mendengarkan aspirasi mereka. Selain memberikan bantuan secara rutin, mereka harus menjadi unit terdepan perusahaan apabila terjadi bencana alam di wilayah Cilegon dan sekitarnya.

“Setiap tahun kami juga terlibat dalam program bapak asuh memberikan bea siswa untuk satu orang siswa SMA di kota Cilegon dengan prestasi akademik yang terbaik. Kegiatan aktif corsec lainnya adalah menjalankan program kerjasama dengan LSM setempat. Kami juga secara rutin melaksanakan program mengajar bersama para manager KSP ke berbagai sekolah SMP dan SMA di wilayah Cilegon, “tutur Ahmad Iqbal, staf corsec KSP yang membidani Corporate Communication.

Dalam filosofinya Saeful menekankan keseluruh 19 karyawan yang ada di divisinya untuk mengedepankan semangat team work dan kekeluargaan. Selain tentunya memiliki integritas yang baik oleh karena KSP merupakan perusahaan yang berada dibawah naungan BUMN.

Ke depan mereka tidak hanya melaksanakan kegiatan yang sifatnya hanya sebatas pendekatan diri antar karyawan dan direksi saja, seperti seperti senam bersama direksi ataupun riding motor dengan karyawan, bersepeda rutin setiap bulannya. Merekajuga akan melakukan peningkatan kapabilitas SDM KSP dengan melakukan berbagai pelatihan.

“Salah satu agenda besar yang tengah kami siapkan adalah menggodok persiapan Cilegon Expo 2022, diharapkan event ini bisa menjadi salah satu Expo Industri yang terbesar di Indonesia. Di sinilah peran dan tanggung jawab corsec dituntut bisa bersinergi dalam menjalankan fungsi tugasnya, mulai dari perencanaan, persiapan dan eksekusinya, sehingga pameran industri tersebut diharapkan bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya,” kata Saeful.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)