Sinergi Pertamina dan Bukit Asam Kelola Methanol | SWA.co.id

Sinergi Pertamina dan Bukit Asam Kelola Methanol

Pertamina bersinergi dengan PT Bukit Asam (PTBA) bekerja sama untuk memberdayakan sumber energi domestik, terutama methanol. Rencananya, kesepakatan ini akan berlangsung selama 2 tahun.

Direktur PIMR Pertamina, Heru Setiawan, mengatakan bahwa saat ini banyak batubara dengan kalori rendah di PTBA yang tidak terkomersialisasi. "Kami sepakat sumber daya alam ini perlu dikomersialisasikan menjadi methanol yang bermanfaat untuk mensubtitusi gasoline dan GMT,” kata dia.

Dalam kesepakatan tersebut, PTBA akan mengembangkan batubara menjadi methanol melalui proses hilirisasi batubara yang dilaksanakan di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Batubara milik PTBA di Indonesia. Sedangkan Pertamina akan membeli produk tersebut melalui pengembangan proyek sebanyak 1 juta ton per tahun. Produk tersebut akan digunakan sebagai bahan pencampuran gasoline sehingga mengurangi impor produk gasoline.

“Keuntungan bagi negara adalah kerja sama ini akan mereduksi impor gasoline. Selain itu, harga methanol lebih murah di bawah harga gasoline impor. Kalau ini berhasil diterapkan, kita bisa menghemat biaya produksi gasoline,” kata Heru menjelaskan.

Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam persiapan proyek dengan menyusun kajian lengkap terutama aspek teknik dan keekonomian, serta menyusun struktur bisnis yang dinilai paling optimal dalam pengembangan proyek. Sementara itu, PTBA wajib memasok dan menjual produk kepada Pertamina dengan volume dan harga yang disepakati. Sedangkan, Pertamina wajib membeli produk dengan volume dan harga yang disepakati. 

“Setelah penandatanganan ini, kami bersama-sama akan melihat peluang bisnis melalui gasifikasi batubara menjadi methanol. Kami akan berupaya maksimal mewujudkan harapan Pemerintah untuk bisa menciptakan monetisasi low rank coal menjadi suatu yang berharga dan memberikan benefit bagi semua pihak,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Pertamina PTBA

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)