Sinergi Shopee-Nivea Sasar Penjualan Online Asia Tenggara

Chris Feng, Chief Executive Officer of Shopee dan Holger Welters, President Director PT Beiersdorf Indonesia. (Foto: Anastasia/SWA)

Statista merilis pasar skincare global bertumbuh dengan stabil dan diprediksi akan mencapai US$180 miliar pada tahun 2024.

Pasar kecantikan Asia Pasifik juga diklaim tergolong tinggi dengan pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) sebesar 6% dalam beberapa tahun terakhir. Angka ini menunjukan, penjualan di wilayah Asia Pasifik berkontribusi terhadap lebih dari setengah total penjualan produk kecantikan global. Hal ini mengindikasikan permintaan produk kecantikan, skin care kian meningkat dari tahun ke tahun.

Melihat kondisi ini, Shopee menandatangani nota kesepahaman (MOU/ memorandum of understanding ) regional dengan Nivea di Asia  Tenggara untuk mendistribusikan produk Nivea secara online. Adapun 6 pasar yang bersinergi adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Filipina.

“Kami melihat permintaan akan produk kecantikan khususnya skincare terus tumbuh dari tahun ke tahun di wilayah Asia Pasifik. Oleh karena itu, kami mencoba untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Chris Feng, Chief Executive Officer of Shopee. Chris menambahkan, kerja sama ini juga akan memperbanyak pilihan produk dalam kategori skin care bagi para pembeli. Lainnya, kerja sama ini juga dianggap sebagai salah satu cara memperkuat posisi Shopee di Asia Tenggara.

Dengan kemitraan ini, pertama, konsumen akan mendapatkan produk orisinil Nivea melalui official store di platform Shopee. Kedua, pembeli dapat membeli produk premium yang hanya dijual di Shopee. Namun sayangnya, dia tidak menyebut secara detail produk apa saja yang ditawarkan. Ketiga, pembeli akan mendapatkan potongan harga hingga 65% untuk semua produk saat opening sale pada tanggal 9 hingga 13 mei 2018.

Sementara itu, Holger Welters, Presiden DirekturPT Beiersdorf Indonesia, mengatakan, perilaku konsumen yang berubah, membuat pihaknya dipaksa untuk melakukan penjualan secara online. “Penjualan kami di dominasi oleh penjualan konvensional, namun kami melihat adanya pertumbuhan yang pesat dalam penjualan digital,” ujarnya.

Lebih jauh, Walters berharap kerja sama ini akan dapat meluaskan penjualan mereka, khususnya di Indonesia. “Shopee merupakan platform besar yang mayoritas penggunanaya adalah perempuan usia 19-30 tahun. Untuk itu kami berharap bisa menjangkau 515 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dengan kekuatan ini,” kata dia. Untuk diketahui, Indonesia merupakan pasar terbesar Shopee di Asia Tenggara, dengan kontribusi penjualan sebesar 40% dari total penjualan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!