Sirclo Bidik Peningkatan Bisnis 3 Kali Lipat di 2021

Perusahaan e-commerce enabler Sirclo mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value (GMV) atau transaksi perusahaan yang mencapai lebih dari Rp1 triliun selama tahun 2020. Ini strategi Sirclo di 2021, untuk mencapai target peningkatan bisnis 2-3 kali lipat dibanding 2020.

Salah satu efek pandemi adalah mengakselerasi pertumbuhan industri ecommerce di Indonesia, yang diperkirakan mencapai sebesar 91% (dari tahun ke tahun) dan mencatat 12 juta pengguna baru. Menjawab kondisi tersebut, Sirclo sebagai perusahaan yang bergerak menghubungkan brand dengan konsumen dan platform ecommerce, sepanjang 2020 telah melakukan beberapa inisiatif untuk memperkuat layanannya dalam memenuhi permintaan yang meningkat dari kedua sisi.

Langkap pertama dilakukan pada awal tahun 2020, Sirclo meluncurkan Sirclo Chat dalam menanggapi tren jual-beli di WhatsApp (chat commerce) yang meningkat cepat. Solusi ini memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk dalam chat room WhatsApp, sehingga konsumen dapat melakukan pembelian langsung tanpa perlu keluar aplikasi.

Lalu pada bulan Juni 2020, Sirclo mengumumkan merger dengan ICUBE, agensi solusi teknologi ecommerce yang merupakan Magento Premier Solutions Partner. Merger ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan dari kedua belah pihak, agar dapat membantu lebih banyak UMKM dan brand berskala menengah hingga besar yang membutuhkan transformasi digital efektif serta efisien di ranah ecommerce.

Pada Agustus 2020, sebulan setelah perayaan ulang tahun ke-7, Sirclo mengumumkan pencapaian pendanaan seri-B sejumlah US$6 juta (sekitar Rp 88 miliar). Suntikan dana ini digunakan untuk terus memperkuat infrastruktur internal agar Sirclo dapat mengakomodasi pelaku bisnis yang semakin banyak terjun ke ranah ecommerce.

Hingga kini, berkat inovasi, diversifikasi solusi-solusi teknologi, serta kualitas layanan yang terus ditingkatkan, Sirclo telah membantu ribuan UMKM khususnya dari sektor kreatif dan ratusan brand ternama berskala menengah hingga besar. Sirclo membantu klien di tiga kanal utama industri ecommerce di Indonesia, yakni: brand.com (pembuatan toko online independen), marketplace (seperti Tokopedia dan Shopee), serta chat commerce (WhatsApp Business).

Tahun 2021, Sirclo makin optimistis bisnis akan lebih baik. Terlebih Imf memprediksikan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan tumbuh secara menjanjikan hingga 6,1%. Sementara itu, hasil Survei Kegiatan Dana Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia juga menunjukkan perbaikan di seluruh sektor ekonomi sejak kuartal 3/2020. Dan melihat perkembangan pandemi, dengan pemerintah Indonesia telah menargetkan pemberian vaksinasi Covid-19 pada 160 juta penduduk (70% dari populasi Indonesia) untuk dirampungkan pada tahun 2021, merupakan angin segar bagi dunia bisnis juga.

Proyeksi ekonomi maupun perkembangan positif terkait pandemi ini mengangkat optimisme di sektor bisnis. Adanya vaksin dan pemberlakuan protokol kesehatan yang luas menjadi dua kunci utama untuk memfasilitasi pemulihan ekonomi secara bertahap. Menyambut kabar baik ini, Sirclo menekankan pentingnya memperkokoh strategi atau pendekatan omnichannel bagi brand yang hendak menjangkau konsumen dengan cakupan yang lebih luas lagi.

“Kebiasaan berbelanja online memang meningkat selama pandemi, dan sebagian besar akan bertahan seperti itu, namun konsumen pada dasarnya senang akan pilihan. Dengan harapan bahwa situasi pandemi akan mereda setelah vaksin didistribusikan di Indonesia, kami melihat bahwa metode belanja offline akan kembali menggeliat, karena konsumen merindukan pengalaman fisik sebagai sarana refreshing di luar rumah," ungkap Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer Sirclo.

Ini menjadi momen krusial bagi brand untuk menghadirkan pengalaman omnichannel bagi konsumen. Bukan hanya dengan hadir secara online dan offline, tapi lebih jauh lagi dengan mengintegrasikan aset online dan offline yang dimiliki sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang seamless.

Solusi omnichannel yang ditawarkan oleh Sirclo memungkinkan pelaku bisnis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang seamless bagi konsumen. Misalnya saja, pelaku bisnis bisa memenuhi pesanan konsumen dengan mengambil stok dari toko fisik terdekat, sehingga memperpendek rantai distribusi. Konsumen juga diperkenalkan dengan konsep “Belanja online, ambil barang di toko”, “Belanja online, pesanan dikirim dari toko”, ataupun “Pengembalian barang ke toko”. Konsep-konsep baru ini membuat konsumen lebih nyaman, karena mereka bisa mencari produk dan membandingkan spesifikasi secara online, lalu melihat produk secara langsung di toko fisik terdekat.

Salah satu brand yang sukses mengadopsi solusi omnichannel Sirclo adalah Mitra10. Telah berdiri lebih dari 23 tahun, Mitra10 mengelola penjualan bahan bangunan dan produk rumah tangga tidak hanya melalui 38 outlet di Indonesia, namun juga melalui website-nya yang terintegrasi dengan penjualan offline. Melalui situs ecommerce, pelanggan bisa belanja dari toko Mitra10 terdekat untuk menghemat biaya ongkir, langsung mengambil barang di toko, dan menikmati promo menarik yang tertera di website.

Melalui solusi omnichannel, Mitra10 mampu mengintegrasikan sisi operasional bisnis dari offline ke online juga sebaliknya, serta memberikan pengalaman belanja terbaik bagi para pelanggan. Di tahun 2021 ini, Sirclo menargetkan untuk mengalami peningkatan bisnis setidaknya 2-3 kali lipat dibandingkan tahun 2020. Perusahaan yang telah memiliki lebih dari 600 karyawan ini terus memperkuat timnya dengan aktif melakukan perekrutan, bahkan di tengah pandemi.

Sejak memberlakukan sistem Work From Home (WFH) di awal pandemi, Sirclo telah mengadakan serangkaian aktivitas virtual baik untuk mendukung kinerja tim dalam perusahaan, maupun pelatihan berbasis webinar yang bertujuan mendongkrak komunitas bisnis yang terdampak oleh situasi pandemi. Salah satu seri webinar yang telah dijalankan adalah program pelatihan “Sirclo Academy”, yang ditujukan kepada para mahasiswa maupun komunitas entrepreneur yang beraspirasi untuk sukses berjualan online.

“Sebagai ecommerce enabler di Indonesia, Sirclo ingin terus memberikan layanan dan solusi bagi brand untuk mengembangkan bisnis secara online. Di tahun 2021, kami akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai mitra, seperti Google Cloud Platform untuk memperkuat infrastruktur teknologi, ataupun partner-partner logistik untuk memperkuat jaringan distribusi kami. Kami yakin, akselerasi bisnis Sirclo dan perkembangan industri ecommerce akan terus melaju di Indonesia, bahkan setelah pandemi berakhir,” tandas Brian.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)