Sistem Pembayaran Xendit Pacu Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Sebagai salah satu penyelenggara gerbang pembayaran di Indonesia, Xendit memiliki visi untuk membangun infrastruktur digital di Indonesia dan Asia Tenggara.

Hal ini dimulai dengan menyediakan sistem pembayaran digital yang sederhana dan mudah untuk digunakan, dapat diintegrasikan dengan cepat dengan sistem pengguna, didukung oleh layanan konsumen kelas dunia.

Xendit pertama kali dibentuk oleh Moses Lo (CEO), Tessa Wijaya (COO), Bo Chen (CTO) dan Juan Gonzalez (CINO) di tahun 2015 dan mulai beroperasi sebagai gerbang pembayaran (payment gateway) di tahun 2016 dengan misi untuk membuat sistem pembayaran di Indonesia maju.

Sebagai startup Indonesia pertama yang berhasil lulus dari inkubator bergengsi YCombinator di Silicon Valley, Xendit terus berinovasi dan mengembangkan teknologi untuk mencapai visi dan misinya.

Indonesia dipilih Xendit sebagai tempat untuk memulai usahanya bukan hanya karena Moses dan Tessa memiliki ikatan yang erat dengan negara ini, namun juga karena banyaknya kesempatan untuk pengembangan-pengembangan produk yang diperlukan di sini. “Kami melihat banyaknya kesempatan untuk membawa kemajuan dalam infrastruktur pembayaran digital. Kami telah melihat bagaimana majunya teknologi di negara lain, dan kami juga ingin membangun infrastruktur tersebut di Indonesia,” ujar Tessa saat memperkenalkan XenSpace di Jakarta (21/11/2019).

Melalui beberapa eksperimen dan riset product-market fit, para founder memutuskan untuk memusatkan perhatian untuk membangun gerbang pembayaran setelah mendapatkan umpan balik dari beberapa calon konsumen.

Xendit mulai beroperasi sebagai gerbang pembayaran di Indonesia tahun 2016. Saat awal mula produk diluncurkan, banyak wirausaha belum dapat menemukan layanan pembayaran yang sesuai dengan standar yang mereka inginkan - integrasi yang mudah, cepat dengan pelayanan yang baik.

Melihat situasi ini, Moses dan Tessa mencoba menjawab permasalahan yang ada dengan memperhatikan tiga hal penting tersebut. Teknologi yang dikembangkan oleh Xendit menyederhanakan proses integrasi ke berbagai fitur sistem pembayaran yang dapat digunakan secara mudah oleh berbagai macam jenis usaha.

Produk dan teknologi Xendit diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya tanpa harus memikirkan proses integrasi sistem pembayaran dan rekonsiliasi yang rumit. “Kami ingin agar pengusaha dan pemimpin perusahaan dapat memusatkan perhatiannya untuk strategi-strategi pengembangan bisnis dan memajukan usahanya tanpa harus mengkhawatirkan mengenai proses keluar masuk uang ataupun rekonsiliasi pada akhir bulan,” ucap Tessa.

Xendit menciptakan produk-produknya dengan mempertimbangkan kemudahan integrasi dan penggunaan. Kami berpandangan bahwa Xendit juga dapat berkembang seiring bertumbuhnya bisnis pelanggan kami . “Jika perusahaan belum memiliki situs atau sistem sendiri, mereka dapat dengan mudah menggunakan platform kami. Namun perusahaan yang sudah memiliki tim teknis dan website, dapat berintegrasi dengan sistem kami melalui API (Application Program Interface) dengan cepat,” tambah Tessa.

Adapun produk-produk yang disediakan oleh Xendit adalah XenPayments (penerimaan pembayaran), XenInvoice (sistem pengelolaan invoice), XenDisburse (pengiriman dana), XenBatch (batch disbursement - pengiriman beberapa transaksi dalam satu perintah), XenCheck dan XenFraudCheck (proses KYC - Know Your Customers - otomatis).

XenPayments adalah produk yang diciptakan untuk menerima pembayaran dari end-customer perusahaan. Pilihan penerimaan pembayaran adalah sebagai berikut: pertama, akun virtual - transfer ke rekening bank melalui bank BCA, BNI, BRI, Mandiri dan Permata.

Kedua,kartu kredit seperti Mastercard, VISA, JCB, American Express. Ketiga,
outlet ritel - Alfamart dan Indomaret
E-wallet - Ovo, Dana, LinkAja
Kredit Online - Kredivo

XenInvoice memungkinkan para pelaku bisnis untuk mengirim invoice ke pelanggan dalam bentuk weblink, yang akan mengarahkan pembeli ke halaman pembayaran.

XenDisburse adalah sistem untuk melakukan otomasi pengiriman dana secara mudah dan real-time. Klien-klien Xendit dapat mengirimkan uang ke lebih dari 140 bank di Indonesia melalui sistem yang terintegrasi dengan API.

XenBatch memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan pengiriman dana tanpa harus berintegrasi menggunakan API. Pengguna dapat mengunggah sampai dengan 1000 transaksi dalam satu file excel melalui dashboard Xendit dan mengirimkan secara real-time.

XenCheck mengotomatisasikan proses KYC (know your customer) untuk melakukan validasi data penerima dana, dengan melakukan verifikasi identitas pemilik akun bank sebelum melakukan pengiriman dana, mencegah terjadinya transaksi pengiriman dana ke rekening yang salah atau penipuan

XenFraudGuard membantu bisnis menghindari terjadinya penipuan dan penolakan pembayaran dengan mendeteksi setiap transaksi kartu kredit agar bisnis tidak kehilangan pendapatannya.

XenPlatform mempermudah marketplace melakukan distribusi dana ke berbagai mitra dengan satu platform.

Ketiga hal ini menjadi pusat perhatian dalam menjalankan dan mengembangkan perusahaan Xendit. Misi Xendit adalah menyediakan produk-produk yang akan membuat proses pembayaran di Indonesia sederhana, proses integrasi yang dapat dilakukan dengan cepat dan didukung oleh tim layanan konsumen yang siap membantu pelaku bisnis.

Xendit melayani berbagai macam bisnis di Indonesia yang memerlukan layanan pembayaran online. Klien-klien Xendit sangat beragam, mulai dari UMKM, startup, hingga korporasi besar, seperti Traveloka, Tiket.com, Orami, dan Style Theory.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)