Sistersel Bertranformasi Jadi The Self Inc, Siap Buka 44 Outlet di Indonesia

Transformasi The Self Inc diikuti dengan berbagai langkah strategis perusahaan (foto: dok The Self Inc)

PT Omnichannel Retail Indonesia selaku payung yang membawahi The Self Inc melakukan transformasi menyeluruh perusahaan terhitung 1 April 2022. Transformasi tidak hanya pada nama dan perusahaan yang berubah nama menjadi PT Self Inc Retail Indonesia (The Self Inc) dan merek dagang Sistersel menjadi The Self Inc.

Transformasi ini dilakukan untuk merealisasikan visi perusahaan menjadi perusahaan O2O terdepan di Indonesia. Resminya transformasi perusahaan ditandai dengan pembukaan gerai The Self Inc di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan.

Transformasi The Self Inc diikuti dengan berbagai langkah strategis perusahaan untuk memantapkan konsep gerai perusahaan dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. The Self Inc tetap menjadi multibrand store fashion & beauty berkualitas, terlengkap, dan harga terjangkau dengan sentuhan chic ala Perancis. Mengusung konsep beauty library, The Self Inc memasarkan lebih dari 130 brand populer dari Indonesia maupun luar negeri, seperti Whitelab, Luxcrime, Npure, Azarine, Scarlet, dan Holika Holika. Selain itu perusahaan menerapkan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan akan segera hadir di Metaverse untuk menyongsong perkembangan belanja ritel di masa mendatang.

CEO PT Self Inc Retail Indonesia Bruno Hasson mengatakan, menyempurnakan bisnis perusahaan dan meningkatkan pengalaman belanja pelanggan adalah fokus utama dari The Self Inc.” Kami mengambil nama The Self Inc karena nama ini sekilas terdengar seperti Shelving yang artinya lemari, sebagai tempat yang dapat menampung banyak barang, karena toko kami yang berkonsep multibrand,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta (13/7/2022).

Self di sini juga berarti ourself atau diri sendiri, menunjukkan bahwa skincare dan fashion bersifat personal. Ini merefleksikan ragamnya produk fashion dan beauty serta teknologi AI dan Metaverse yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda satu dengan yang lain.

Berbeda dari sebelumnya, The Self Inc menghadirkan pengalaman berbelanja skincare yang lebih modern dan kaya akan inovasi. Mesin skin-check berbasis AI menggunakan aplikasi karya anak bangsa, yaitu Allure, tersedia di semua gerai The Self Inc. Mesin ini mampu menganalisa kondisi kulit dan merekomendasikan produk perawatan wajah yang, tak hanya sesuai dengan kebutuhan kulit, namun juga sesuai dengan budget masing-masing pelanggan.

Fitur AI di gerai The Self Inc termasuk AI skin analyzer, fitur yang mampu menganalisis kondisi kulit pengguna menggunakan selfie wajah dan survei berbasis AI,  AI product & service recommendation yang memberikan saran produk kecantikan yang sesuai dengan profil pengguna, Skin Diary yang dapat mengukur perkembangan kulit dan kondisi pengguna dalam bentuk catatan personal, dan AR Make-up Tryon yang menggunakan fitur Augmented Reality, memudahkan pembeli dalam mencoba segala jenis gaya dan tampilan riasan.

“Rangkaian produk yang kami tawarkan kepada pelanggan didominasi oleh produk kosmetik dan skin care karena kami melihat potensi yang besar di Indonesia,” tuturnya. Dari segi demografi, Indonesia memiliki populasi wanita sebanyak lebih dari 150 juta jiwa, dan diperkirakan akan menjadi pasar kosmetik terbesar ke-5 di dunia dalam 10-15 tahun mendatang.

Tahun 2021, industri kecantikan Indonesia mengalami kenaikan sebesar 9,61%, menjadikannya pasar yang sangat menjanjikan. Inilah mengapa The Self Inc terus berinovasi dan menghadirkan lebih 130 brand lokal dan internasional bagi pelanggan. Brunbrun Paris, brand milik The Self Inc juga terus melakukan inovasi dengan memasuki pasar skincare, meluncurkan rangkaian 7-Plant Extracts yang terdiri dari toner, dua jenis serum, dan pelembap wajah.

Selain itu, Brunbrun Paris  mengeluarkan produk body care, yaitu body serum dan shower serum yang unik karena mengandung zat aktif, seperti Niacinamide dan Alpha Arbutin. Selanjutnya, perusahaan akan agresif membuka puluhan gerai seluruh Indonesia. “Kami menargetkan untuk membuka 44 gerai di tahun 2022 di kota-kota besar dan kecil Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar,”  kata Chief Retail Officer PT Self Inc Retail Indonesia Shella Huliselan.

Upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan O2O terdepan juga diikuti dengan penggunaan teknologi Metaverse sehingga para pelanggan bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang berkesinambungan, online dan offline, di mana calon pembeli bisa berinteraksi dan melihat barang yang akan dibeli seakan-akan berada di depan mata berkat keunggulan angle 180 derajat. Nantinya, pembeli juga dapat menggunakan token digital khusus Metaverse sebagai alat pembayaran yang lebih mudah. Fitur ini tengah digarap dan ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal pertama 2023.

Sustainability juga menjadi perhatian perusahaan. Seluruh gerai The Self Inc akan menerima produk fashion dan kemasan skincare untuk didaurulang. Dorongan ini merupakan upaya edukasi dan gratifikasi The Self Inc dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

PT The Self Inc Retail Indonesia adalah perusahaan yang didirikan oleh Bruno Hasson pada tahun 2016 dengan nama PT Brunbrun Retailindo Sejahtera dan menaungi brand ikonink Sophie Paris dan Brunbrun Paris. Dengan merek dagang The Self Inc, perusahaan memiliki visi untuk menghadirkan one-stop store yang menyediakan berbagai produk fashion dan beauty dari brand-brand ternama baik lokal maupun internasional.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)