SMART Targetkan Kemamputelusuran Rampung 100% Akhir Tahun Ini

Sinar Mas Agribusiness and Food (SMART) menargetkan akan merampungkan 100% kemamputelusuran kelapa sawit di akhir tahun 2020. Managing Director, Sustainability & Strategic Stakeholder Engagement, Agus Purnomo mengatakan saat ini kemamputelusuran telah mencapai 80%.

Dalam Sustainability Report 2019 yang disampaikan secara virtual pada Selasa (4/8/2020), isu pokok yang ditangani SMART adalah konservasi daerah dengan Stok Karbon Tinggi (SKT) dan lahan gambut, konservasi keanekaragaman hayati dan daerah bernilai observasi tinggi, serta mencegah kebakaran dan kabut asap. Adapun transformasi rantai pasok juga menjadi fokus perubahan dalam perusahaan.

“Kami adalah perusahaan yang memantau rantai pasok kelapa sawit dari bibit ke rak. Dimulai dari perkebunan sampai di ujung akhir yaitu para konsumen. Sehingga perusahaan telah berinvestasi dengan membangun rantai pasok,” jelas Agus.  

Sayangnya, pandemi menyebabkan kegiatan lapangan SMART terbatas. Terkait hal tersebut, perusahaan sedapat mungkin melakukan koordinasi dengan pemasok secara online. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan SMART Reach.

“Kami senantiasa berkomunikasi dengan pemasok, juga memberi assessment pada mereka pada setiap dua-tiga jam meeting online,” tutur Agus.

Ia menyebut, strategi yang dilakukan perusahaan saat ini adalah tetap pada tujuan (staying the course). Deskripsi ini mengacu pada berbagai upaya berkejalnjutan dalam bisnis untuk menjangkau rantai pasok yang lebih luas serta memutus deforestasi.

SMART juga mendukung konservasi 144.000 ha area hutan. Di mana 72.000 diantaranya adalah konsesi perusahaan dan sisanya adalah konsesi pemasok pihak ketiga dan area masyarakat. Selain itu, SMART berkomitmen untuk tetap melanjutkan 40 proyek Program Mata Pencaharian Alternatif yang bekerja sama dengan masyarakat setempat di seluruh Indonesia. Proyek ini termasuk membudidayakan sayuran organik dan tanaman lain seperti kopi serta membantu meningkatkan kehidupan para petani dan mata pencaharian masyarakat pedesaan.

Prestasi lain yang telah dicapai SMART termasuk reformulasi hampir semua produk konsumen seperti margarin dan shortening agar bebas dari asam lemak trans. Untuk mendukung program peningkatan hasil panen, perusahaan telah menghasilkan sekitar 2,5 juta klon bibit sawit unggul Eka 1 dan Eka 2 untuk peremajaan sawit pada akhir 2019.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)