SMI Peroleh Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility US$ 700 Juta | SWA.co.id

SMI Peroleh Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility US$ 700 Juta

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI untuk pertama kalinya memperoleh Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility, dari sejumlah mitra perbankan nasional dan internasional termasuk Singapura, Jepang, Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan.

Fasilitas pinjaman senilai US$700 juta atau sekitar Rp 10,65 triliun, akan digunakan untuk refinancing pinjaman sindikasi US$ 700 juta, yang diperoleh tahun 2020 dan telah jatuh tempo.

Transaksi ini didukung oleh beberapa Mandated Lead Arrangers & Bookrunners (MLABs) yaitu Bank of China (Hong Kong), CTBC Bank Co., Ltd., DBS Bank, Mizuho Bank, MUFG Bank Ltd, dan United Overseas Bank (UOB).

Selain bertindak sebagai koordinator MLABs, UOB juga bertindak sebagai Sustainability Coordinator untuk transaksi ini. SMI juga menunjuk Environmental Resources Management sebagai pemberi opini pihak kedua untuk memberikan kajian terhadap Key Performance Indicator dan Sustainability Performance Target atas transaksi tersebut.

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, mengungkapkan bahwa Sustainability Linked Syndicated Term Loan Facility ini merupakan contoh nyata penggalangan dana yang inovatif.

"Dengan menerapkan komitmen kami terhadap target keberlanjutan, kami berharap ke depannya PT SMI dapat terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam kegiatan penggalangan dana selanjutnyaā€¯, ujarnya.

Direktur Pelaksana sekaligus Kepala Sector Solutions Group dan Global Financial Institutions Group Lim Lay Wah, menyatakan, pihaknya akan tetap berkomitmen untuk menyumbangkan keahliannya dan memberikan solusi dalam hal keuangan untuk mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

Didukung likuiditas pasar yang kuat, SMI berhasil memperoleh komitmen pembiayaan sebesar US$ 1,8 miliar atau oversubscribe lebih dari 2,5 kali dari target pendanaan sebesar US$700 juta. Pinjaman sindikasi ini ditujukan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang berjalan, serta pembiayaan baru terutama untuk proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan di Indonesia, yang akan semakin memperkuat manajemen aset dan liabilitas perusahaan.

Berbagai projek yang difasilitasi SMI telah menciptakan multiplier effect yang besar, hingga 27,62x modal disetor per Juni 2023. Pinjaman terkait keberlanjutan ini memiliki target kinerja konkret yang sejalan dengan komitmen SMI terhadap Environmental Social Governance atau ESG. Hal ini mencakup indikator kinerja utama, yaitu menumbuhkan portofolio pembiayaan berkelanjutan dan meningkatkan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan terkait ESG.

SMI telah menghimpun dana dari berbagai sumber antara lain dari pasar modal, perbankan, dan lembaga keuangan multilateral atau Development Finance Institution.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)