SMP Prestasi Global Sekolah Berbasis Riset dan Penelitian

Tahun ajaran baru 2021 – 2022 sebentar lagi akan dimulai. Banyak sekolah yang sudah bersiap dengan pembelajaran tatap muka meski dengan aturan protokol kesehatan (prokes) dan dalam jumlah terbatas.

Begitu pula SMP Prestasi Global yang merupakan sekolah Modern Islamic School, Pancoran Mas, Kota Depok telah bersiap menyambut siswa baru pada tahun ajaran ini. Sekolah swasta ini telah menyiapkan berbagai macam program unggulan untuk menghantarkan siswa-siswinya agar berhasil dalam banyak hal di semua bidang ilmu.

Salah satunya adalah SMP PresGo  mengusung sekolah berbasis riset artinya sekolah yang mengajarkan dan menyiapkan siswa dalam memahami dan menerapkan riset berbasis keilmuan yang ilmiah dan dapat dimanfaatkan untuk banyak orang.

"Basis sekolah ini adalah Religius Nasional yang berafiliasi kepada Alquran dan sunnah Rasul serta nilai-nilai kebangsaan sebagai pilar utama dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu kami kami juga berbasis riset dan peneltian," jelas Direktur Sekolah Prestasi Global, Ahmad Faisal.

Dengan adanya riset, sekolah ini  ingin menjadikan siswa bukan sekadar penikmat hasil ilmu pengetahuan namun harus bisa menjadi penyedia hasil ilmu pengetahuan atau bahkan yang menemukan ilmu pengetahuan itu sendiri. Karena itulah,  SMP PresGo menyiapkan program riset ini dengan sangat detail terutama dalam hal bidang IT, Teknologi, sosial, budaya, agama dan banyak bidang lainnya.

"Riset yang dimaksud ini adalah riset dasar dan sederhana, namun dikemas menjadi suatu proses yang menarik dan inovatif, proses riset ini dilaksanakan dengan mengajarkan metodologi penelitian dasar serta nantinya setiap siswa akan didampingi oleh GPS ( Guru Pendamping Siswa ) atau dengan kata lain setiap siswa akan mendapatkan seorang mentor dalam pelaksanaan riset ini," papar Ahmad.

Menurut Ahmad, kemajuan dunia hari ini adalah karena adanya para ilmuwan yang terus meneliti dan melaksanakan riset dalam banyak ilmu pengetahuan. "SMP Prestasi Global menyiapkan sedini mungkin calon calon ilmuwan besar dan dimulai dari sejak dini agar nantinya siswa terbiasa dengan riset dan penelitian karena semakin tingggi tingkat Pendidikan hal ini tidak akan pernah lepas dari riset dan penelitian dalam setiap proses jenjang pendidikannya baik tingkat SMA, S1, S2 bahkan S3 nantinya," terang dia.

Tujuan akhirnya dari program ini adalah menyiapkan generasi yang siap bersaing dikancah dunia internasional, mengedepankan ilmu pengetahuan dan agama sebagai bekal untuk berbakti menjadi hamba yang insan kamil dan menjadi manusia bermanfaat untuk manusia lain  dengan menyiapkan penemuan keilmuan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)