SNF Dorong Perkembangan Digitalisasi UMKM

Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2022 dorong UMKM manfaatkan media sosial agar lebih kompetitif di era ekonomi digital. (Foto : Dok.SNF).

Untuk mendorong perkembangan UMKM yang makin cakap digital, dibutuhkan kreativitas pelaku UMKM dalam membuat konten positif. Oleh karena itu, UMKM harus memiliki kesadaran mengenai pergeseran perekonomian digital. Selain itu, pelaku UMKM perlu memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola media sosial sebagai media promosi yang dapat membantu dalam perkembangan digitalisasi UMKM.

Hal inilah yang mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) di Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital masyarakat serta mendorong kolaborasi multi-stakeholders untuk literasi digital dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab.

“SNF adalah festival tahunan yang memberi masyarakat wadah berdiskusi tentang literasi digital. Walau kita menghadapi tantangan pandemi Covid, kita harus memberikan bukti bahwa kreativitas di dunia digital tidak surut, tapi bahkan bertambah maju. Seluruh warganet diharapkan dapat memanfaatkan teknologi lebih baik bersama Siberkreasi maupun berdaya sendiri untuk dapat bersaing,” kata Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menurut M. Nur Hakim sebagai Hub Pemerintah Pusat Tokopedia, e-commerce sendiri menjadi salah satu sektor yang paling berperan aktif dalam meningkatkan perkembangan ekonomi digital. Dengan kontribusi besar dari sektor e-commerce, ekonomi digital memiliki potensi besar yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Fajar Eri Dianto menegaskan ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi digital yang baik di era transformasi digital. Pertama yaitu kegiatan mengenal, memahami, menguasai, dan menggunakan platform digital, disebut tahapan onboarding. Tahapan kedua adalah aktivasi, menggunakan segala platform digital sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tahap ketiga, scale up, buat rencana untuk mempersiapkan langkah-langkah berikutnya dalam menggunakan platform digital. Dan tahapan keempat, go international, di mana pelaku UMKM dapat melakukan tahapan UMKM go online dengan menjual produknya hingga ke ranah internasional.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM agar konten promosinya dapat masuk ke For You Page (FYP). Edho Zell, influencer dan sociopreneur, yang sukses membantu 500 UMKM melakukan akselerasi digital dengan menggunakan platform Social Bread, menjelaskan cara untuk memaksimalkan video promosi atau konten agar masuk ke FYP yakni dengan menggunakan sound Tiktok dan menggunakan hashtag yang sedang tren atau sering dipakai oleh pengguna lain.

Selain itu, cara lain yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya di Tiktok yaitu dengan menggunakan fitur live shopping karena fitur tersebut adalah salah satu fitur yang paling efektif untuk mendorong promosi produk.

Lebih lanjut, Edho Zell menjelaskan tiga cara untuk membuat konten yang berguna terhadap brand kepada peserta. Cara yang pertama adalah Hub, yaitu dengan memanfaatkan tren untuk mengkomunikasikan brand kepada khalayak yang berguna untuk menaikkan jumlah followers. kedua ialah Hero, cara ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan product knowledge dengan menggunakan format intro-problem-solution yang menjelaskan bagaimana produk pelaku UMKM dapat menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan khalayak atau calon pembeli.

Ketiga, adalah Help, yaitu cara untuk membangun followers yang loyal terhadap brand yang dimiliki oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan aspek emosional followers. Cara ini dapat digunakan dengan membalas komentar followers dan membuat konten video dari balasan komentar followers sehingga berpotensi untuk membuat followers menjadi loyal terhadap brand.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)