Softex Pelopori Daur Ulang Popok Bayi Jadi Pokbrick dan Minyak Bakar

Program sustainability ini merupakan bentuk nyata kontribusi PT Softex Indonesia kepada masyarakat dan lingkungan

Sebagai salah satu produsen pembalut dan popok terbesar di Indonesia, PT Softex Indonesia berkomitmen mendaur
ulang popok bekas pakai menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai. Popok bayi bekas akan diolah menjadi pokbrick (batu bata dari bahan popok bekas) dan minyak bakar sebagai substitusi minyak tanah.

Dengan menggunakan mesin hidrotermal yang ramah lingkungan atau tanpa metode pembakaran, popok bekas tersebut diproses menjadi fiber dan plastik terlebih dahulu. Kemudian, fiber diolah menjadi pokbrick. Sedangkan plastik diolah lagi di mesin pyrolysis menjadi minyak bakar.

Program sustainability ini merupakan bentuk nyata dari kontribusi PT
Softex Indonesia kepada masyarakat dan lingkungan dalam mengurangi limbah popok. “PT Softex Indonesia percaya bahwa kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan bisnis, tetapi juga harus diimbangi dengan program yang dapat membantu masyarakat dan lingkungan.”Ujar Direktur PT Softex Indonesia, Djali Halim dalam siaran pers (16/1/2020).

Dalam program sustainability ini, PT Softex Indonesia bekerja sama dengan
Guna Olah Limbah (GOL) selaku perusahaan teknologi pengolahan limbah
berbasis riset. Nantinya, mesin hidro termal yang dapat mengolah popok
bekas pakai menjadi pokbrick dan minyak bakar itu akan ditempatkan di
Bank Sampah Bersinar. Selain dengan komunitas, Softex I juga
bekerja sama dengan Day Care Galenia, Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati, Paskal Mall, dan PVJ Mall sebagai tempat pengumpulan sampah popok.

Program ini merupakan program lanjutan dari program sustainability sebelumnya yang sudah dijalankan di Tangerang dan diresmikan pada tanggal 8 Oktober 2019.

Dimulai sebagai perusahaan tekstil, Softex mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada 1976. Sejak itu, perseroan berkembang menjadi perusahaan consumer goods terkemuka dibidang personal hygiene di Indonesia.

Direktur PT Softex Indonesia, Djali Halim, mengemukakan bahwa perseroan
memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsumen. Kampanye pemasaran dan program komunikasi Softex telah memastikan bahwa merek perseroan adalah merek pilihan konsumen yang populer. “Sebagai pelopordi segmennya dan sekarang menjadibagian yang terintegrasi, kami melayani jutaan keluarga Indonesia dan dipercaya oleh berbagai generasi,” papar Djali.

Selama bertahun-tahun, Softex telah mengembangkan produk menjadi 4 kategori, yaitu Popok bayi (Sweety dan Happy Nappy), Pembalut wanita (Softex), Popok Dewasa (Confidence) danTisu Basah (Softies dan Sweety Baby Wipes)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)