Solusi Accenture Efisienkan Operasional Pelabuhan

Accenture meluncurkan Pusat Pengelolaan Keunggulan Pelabuhan (Ports Center of Excellence/PCE) di Hong Kong yang dikhususkan bagi para operator terminal. Manfaatnya adalah meningkatkan proses, manajemen, dan kegiatan operasional para operator terminal pelabuhan dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak stabil.

Global Managing Director, Accenture Automotive, Industrial Equipment, Infrastructure and Transportation Practice, Eric Schaeffer mengatakan, PCE menghadirkan keunggulan dalam proses dan implementasi teknologi bagi manajemen kinerja, manajemen operasional, serta manajemen perusahaan untuk para operator terminal pelabuhan.

Para ahli industri di PCE pelabuhan milik Accenture mengimplementasikan Solusi Pelabuhan Accenture (APS), sebuah portofolio solusi teknologi yang memfokuskan pada industri yang digabungkan dengan konsultasi bisnis serta layanan alihdaya, untuk membantu para klien menciptakan kemampuan analisis bisnis, fleksibilitas operasional dan daya tahan yang dibutuhkan untuk menghadapi siklus ekonomi yang tidak stabil dalam industri pelabuhan.

"PCE kami mendukung para klien yang beroperasi dalam lingkungan ekonomi yang dinamis, dimana mereka membutuhkan sistem operasi yang efisien dan kemampuan untuk bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di seluruh rantai pemasok guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang senantiasa berubah,” kata dia dalam rilisnya.

PCE Accenture berkolaborasi dengan Modern Terminals Limited (MTL) dari segi desain, pengaplikasian dan dukungan sistem operasi dari terminal baru yang menjalankan sistem berdasarkan platform sistem operasi terminal (terminal operating system-TOS) Navis N4. Hal ini memungkinkan operator kontainer terminal menangani hingga 5,5 juta TEU setiap tahunnya.

Aset sistem operasi terminal MTL telah mendekati batas kapasitas sistemnya. Dengan bermigrasi ke N4, operasi MTL akan menjalankan infrastruktur teknologi berkelanjutan yang mengikuti standar internasional serta mendukung strategi perkembangan MTL jangka panjang. COO MTL, Anders Dommestrup menuturkan, pihaknya menantikan kerjasama lanjutan dengan Accenture seiring meningkatnya produktivitas dan efisiensi MTL, untuk memberi manfaat kepada para pelanggan dan memperluas komunitas pelabuhan di Hong Kong.

"Klien kami di pelabuhan juga dapat memanfatkan help desk, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan aplikasi, serta layanan infrastruktur, termasuk manajemen sistem, manajemen penyimpanan, pemulihan bencana dan managed hosting yang terdapat di PCE Accenture. Selain itu, klien juga dapat memanfaatkan beberapa pelatihan, mulai dari keahlian proses, fungsional, dan teknologi," kata dia.

Ryanto Marino, Managing Director Products, yang mengelola hubungan bisnis dengan para operator pelabuhan, menuturkan, operator pelabuhan di Indonesia dapat melakukan tolak ukur dan belajar dari berbagai pelabuhan di dunia dari sentra tunggal, terutama dalam mencapai keunggulan proses operasional, dan bagaimana memanfaatkan teknologi terkini agar tercapai efisiensi dan meningkatkan kinerja pelabuhan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)