Solusi Gamatechno Untuk Kota Cerdas

aditya-presdir-pt-gamatchno-indonesia1

Kota cerdas akan memberikan layanan yang lebih baik bagi penduduknya di beberapa aspek utama. Masyarakat adalah stakeholder utama, sedangkan teknologi informasi dan pengelola kota menjadi factor enabler yang tidak bisa dipisahkan untuk mencapai tujuan smart city tersebut. Solusi yang Gamatechno berikan akan memberikan manfaat 4L; less complexity (penyederhanaan kerumitan birokrasi), less paper (menggurangi penggunaan kertas), less time (meningkatkan efisiensi waktu), dan less cash (mengurangi penggunaan uang cash).

Dari sekian banyak aspek dan aktivitas perkotaan, Gamatechno berfokus ke dalam solusi di dalam 4 aspek: solusi akademik, layanan pemerintahan, layanan transportasi dan logistic, dan gaya hidup. Di segmen pendidikan, Gamatechno memiliki 3 produk, yaitu GT Campus Suite, ECampuz, dan mCampus. Di segmen pemerintahan ada 7 produk yaitu gtPerizinan, mPerizinan, gtPIHPS (system informasi harga pangan strategis), mCity Directory, gtAspirasi, GtPLO (system informasi manajemen persuratan), dan dashboard government (system informasi pelaporan pemerintah). Di segmen transportasi ada 8 produk yaitu BRT System Solution, eticketing, gtfleets, passenger information system, on bus info system, control center, gtTaxi reservation sytem, dan pick point. Di segmen gaya hidup, ada 7 produk yaitu general business software, gtclinic, safety confirmation, m catalog, m health, m event, dan gt sms.

“Solusi-solusi yang kami berikan di 4 segmen tersebut saling terintegrasi. Misalnya, kartu mahasiswa/pegawai yang memakai sistem kami bisa digunakan untuk absensi, naik membayar tiket bis Transjakarta, membayar tol, membeli minuman di vending machine, membayar parkir, bahkan berbelanja. Solusi di segmen pemerintah kami tentu saja membuat kerja pemerintah cepat. Mengurus perizinan menjadi lebih cepat dan mudah, tidak perlu birokrasi yang bertele-tele dan kepala daerahnya bisa memantau secara realtime,” ujar Muhammad Aditya A.N, Presiden Direktur PT Gamatechno Indonesia.

Salah satu klien yang menggunakan produk dari Gamatechno adalah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk solusi e-ticketing. Ketika pembelian karcis bis Transajakarta masih menggunakan karcis, setiap staff Transjakarta di per shift harus membawa berkantung-kantung uang kembalian. Uang kembalian tersebut dibawa kembali jika sudah selesai shift. Staff di shift berikutnya harus membawa lagi kantung kembalian tersebut. Bayangkan betapa tidak efisiennya pekerjaan karena harus bolak balik membawa kantung uang kembalian. Siapa yang bisa menjamin bahwa uang di kantung tersebut tidak berkurang? Terlebih lagi, pihak Transjakarta harus menyewa pihak perusahaan transportasi uang (seperti g4s atau Kejar) untuk membawa kantung-kantung uang tersebut. Dan perlu dicatat pengeluaran untuk memakai jasa mereka bisa memakan biaya miliaran per bulannya.

Sebelum memakai system eticketing, e-card yang hanya bisa dipakai untuk membeli karcis bis Transjakarta hanya e-card bank DKI saja. Namun, berapa orang yang punya kartu bank DKI? Dengan system ini, penumpang pemiliki kartu Flazz (BCA), e-money (bank Mandiri, Brizzi (bank BRI), Mega cash (bank Mega), Jackcard (bank DKI), dan BNI Prepaid (bank BNI) bisa membeli karcis bis Transjakarta. Dengan adanya eticketing, staff tidak perlu membawa kantung uang kembalian setiap shiftnya, menghemat kertas, uang dijamin aman , perhitungan pasti, dan kerja menjadi lebih efisien. Hanya saja pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan adalah merawat mesin pembaca e-cardnya. Untuk sistem ini, PT Transportasi Jakarta mengeluarkan investasi hingga Rp 40 miliar.

Kota-kota yang sudah menjadi klien Gamatechno antara lain Jogja, Surakarta, Kendal, Denpasar, Batu, Magelang, Sabang, Jakarta, Palembang, Sleman, Tasikmalaya, Bangka Barat, Jambi, dan Kendari.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)