Solusi Interaksi Konsumen Bagi Ritel dan Mal

CEO dan co-founder Gilkor Sinartus Sosrodjojo.

PT Gilkor menghadirkan solusi interaksi dan customer loyalty untuk mal dan peritel besar dengan inovasi sistem ELYS (Engagement Loyalty System).

Solusi ini dinilai membantu manajemen mal untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan jumlah pengunjung dengan memonitor apa saja yang diinginkan pelanggan dan bagaimana berinteraksi yang tepat, berdasarkan data pelanggan.

Solusi besutan startup lokal ini telah dimplementasikan di 4 mal di Jakarta yakni Pacific Place, PIK Avenue, Mall of Indonesia dan Grand Galaxy Park. Gilkor pada awalnya didirikan  tahun 2010 sebagai sistem promo kartu kredit. Sejak awal, manajemen Gilkor menyadari bahwa bisnis ritel yang memiliki toko fisik akan menghadapi tantangan di masa depan, sehingga diciptakan solusi ini. "Sebelumnya, data pelanggan mal – mal dan perusahaan ritel besar ini terdapat di berbagai tempat dan tidak beraturan," kata CEO dan Co-founder Gilkor, Sinartus Sosrodjojo.

"Sistem kami membantu menarik data yang relevan dan mengkoordinasikannya dengan departemen yang tepat, dengan cara yang lebih sederhana dan hemat biaya. Manajemen juga dapat menggunakan sistem ini untuk menetapkan target dan mengidentifikasi area yang harus mereka kembangkan. Semua ini terdapat dalam satu dashboard," tambah Sinartus

Accenture memproyeksikan  jumlah konsumen di Indonesia akan tumbuh sekitar 30 juta orang pada tahun 2020, dengan kenaikan enam kali lipat nilai pasar barang dan jasa konsumen negara dari US$ 1,3 miliar pada tahun 2015 menjadi US$ 7,9 miliar pada tahun 2020.

Bisnis ritel yang memiliki toko fisik, seperti mal dan ritel saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat, terutama karena  pola belanja online konsumen Indonesia yang diperkirakan akan semakin meningkat seiring perkembangan jaringan broadband di seluruh negara. "Satu-satunya cara untuk bersaing dengan sukses di pasar ritel yang ramai adalah dengan mempertahankan dan mengembangkan basis pelanggan dengan cara meningkatkan tingkat interaksi dengan pelanggan," kata Sinartus.

David Hilman, COO PT Agung Sedayu Retail Indonesia mengutarakan, "Sistem Gilkor telah membantu dalam menyederhanakan analisa  dan  mengumpulkan data pelanggan. Sistem ini telah memungkinkan kami untuk  memonitor dan  mengambil langkah yang tepat berdasarkan data pelanggan."

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.is

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)