Solusi IoT Indosat Ooredoo Memberikan Value

m2m

Bisnis telko kini bukan sekadar mengirim pesan dan bertelepon. Justru yang kini sedang berkembang bisnis data. Saat ini ada 330 juta simcard yang digunakan masyarakat Indonesia. Memberikan pengalaman lebih advance kepada pelanggan telko kini menjadi nilai yang dituju perusahaan selular. Adalah Internet of Things atau IoT yang kini sedang gencar ditawarkan perusahaan selular saat ini.

IoT merupakan solusi dan konsep pengembangan konektivitas internet yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk menghasilkan keunggulan kompetitif perusahaan. Selain itu juga bisa menjadi solusi untuk masalah-masalah masyarakat.

Indosat Ooredoo melihat ini sebagai peluang besar. Pada 15-16 Agustus 2016 Indosat Ooredo turut serta dalam pameran Asia IoT Business Platform yang digelar di hotel JW. Marriot, Jakarta. “Kami menghadirkan value bukan sekadar produk,” ujar Hendra Sumiarsa, Division Head M2M & IoT Solutions Indosat Ooredoo. Pada pameran tersebut Indosat Ooredoo Business menampilkan beberapa layanan IoT-nya yaitu M2M Connectivity Platform (Managed Connectivity), Platform IoT sampai dengan solusi siap pakai seperti Vehicle Telematics, eMagic (enhance Managed IoT Connectivity), VMS (Vessel Monitoring System), Workforce Management, YOLO (You Only Live Once), dan MyTrip.

Menurut Hendra, meski belum besar, bisnis ini merupakan bisnis masa depan. Namun tidak bisa dinilai besar bisnisnya berdasarkan jumlah simcard yang dijual. Karena bisa jadi satu simcard, kata Hendra untuk melayani beberapa layanan, jadi nilainya berbeda-beda setiap simcard yang terpasang di bisnis ini. “Saat ini ada 80,5 juta simcard dari IoT, sekitar 300 ribu pelanggan M2M yang dilayani Indosat Ooredoo Business dan 2500 enterprise hingga akhir 2015,” ungkapnya. Sayang Hendra menolak menyebut berapa total nilai bisnis IoT Indosat Ooredoo Business saat ini.

Yang jelas Indosaat Ooredoo menurutnya selalu menawarkan solusi yang benar-benar dibutuhkan pelanggan dengan tepat. eMagic (enhance Managed IoT Connectivity), misalnya, merupakan sebuah solusi M2M terbaru dan dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam menghubungkan dan mengelola perangkat atau mesin dengan layanan full managed. Solusi ini aman dengan proses enkripsi yang handal melalui jaringan komunikasi multi akses yang menjamin tingkat layanan yang diharapkan serta menghasilkan total cost of ownership yang efisien. “Produk IoT eMagic ini bahkan sudah diakui dunia Internasional dengan berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dari GTB Awards (Global Telecoms Business) 2016 dan Asia Communication Awards 2016,” imbuhnya.

Salah satu solusi yang akrab dengan masyarakat saat ini yang dikembangkan Indosat Ooredoo adalah MyTrip. MyTrip merupakan solusi IoT yang dikembangkan Indosat Ooredoo Business bersama PT Solusi Integrasi Transportasi Utama—anak usaha Express Group-- yang khusus bergerak dalam bidang IT. MyTrip adalah sebuah aplikasi yang inovatif, khusus dikembangkan untuk angkutan umum resmi seperti taxi bermeter yang akan memberikan banyak keuntungan bagi setiap pelanggan dan mitranya. Pelanggan dan pengguna aplikasi MyTrip dapat melakukan pemesanan taksi secara online hanya dengan memilih lokasi penjemputan, tujuan dan metoda pembayaran. Pelanggan tinggal menunggu taksi menjemput, sehingga memudahkan dan aman bagi pelanggan. Keuntungan menarik lainnya yang bisa didapatkan penumpang adalah Free Ride (gratis naik taksi) dan Road Point, yaitu hadiah poin yang diberikan kepada setiap penumpang untuk setiap pemesanan taksi dan bisa ditukarkan dengan voucher berhadiah menarik. Tidak seperti aplikasi lainnya yang berbasis smartphone dalam order Taxi dan menghitung tariff, solusi Mytrip benar-benar terintegrasi dengan perangkat meter taxi, sensor pintu, lampu dan LED sign dalam Taxi melalui unit khusus OBU.

Menariknya, perusahaan telekomunikasi di Amerika dan Kanada menyatakan minat untuk menggelar layanan serupa di sana. Hal ini menunjukkan langkah nyata Indosat Ooredoo memajukan karya Indonesia, yang dihasilkan putra bangsa yang kreatif bahkan mengekspor solusinya ke negara lain.

Dalam mewujudkan komitmen sebagai perusahaan telko digital terdepan, menurutnya Indosat Ooredoo Business terus menghadirkan solusi IoT yang inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi M2M & IoT, menyediakan solusi untuk menjawab permasalahan yang dihadapi pebisnis atau masyarakat. “Kami juga membuka lebar kemitraan dengan penyedia teknologi atau developer. Kami ingin menjadi mitra yang tepat bagi para pelanggan bisnis atau pelaku usaha yang ingin mengimplementasikan teknologi dalam upaya mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, mengeksplorasi berbagai peluang usaha, membantu transformasi digital perusahaan sambil tentunya menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pelanggan mereka," ujar Hendra. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)