Trends

Solusi Layanan Inklusi Finansial di setiap Desa di Indonesia, Melalui Pospay Agen

Oleh Editor

Hadir dengan wajah baru, Pospay Agen siap menjadi solusi masyarakat dalam pencapaian inklusi finansial untuk setiap desa di seluruh Tanah Air. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal dengan nama Agen Posfin.

Pospay Agen merupakan platform pembayaran digital lengkap dan simple. Platform ini dikelola PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN) selaku anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero), yang fokus pada layanan jasa keuangan berbasis teknologi. Seperti diungkapkan Direktur Bisnis Jaringan & Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus, Pos Indonesia berkolaborasi dengan POSFIN berkomitmen penuh dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mewujudkan tercapainya inklusi keuangan. Pada 2024, Pemerintah menargetkan program inklusi keuangan mencapai 90% di Indonesia.

“Melalui Pospay Agen, diharapkan masyarakat mendapatkan akses layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti transaksi pembayaran tagihan, kredit, asuransi kesehatan, pengiriman uang, menabung, dan lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dengan mudah mendapatkan akses layanan keuangan secara menyeluruh dan cepat,” papar Charles Sitorus.

Lebih lanjut Charles menegaskan bahwa Pospay Agen siap melayani semua kalangan masyarakat, termasuk namun tidak terbatas hanya pada masyarakat desa, UMKM, pelajar/mahasiswa, penyandang disabilitas, dan masyarakat yang masuk ke dalam kategori 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Di samping itu, imbuhnya, Pospay Agen yang ada saat ini memiliki jaringan luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, di mana masyarakat di wilayah 3T yang tidak memiliki smartphone dapat datang ke Pospay Agen terdekat untuk bertransaksi secara harian. Oleh sebab itu, tantangan berupa keterbatasan akses internet tidak lagi menjadi suatu kendala yang besar.

Terkait hal tersebut, Charles Sitorus juga menjelaskan bahwa Pospay Agen dapat memenuhi sasaran program inklusi keuangan masyarakat, khususnya di pedesaan, secara efektif dan berkelanjutan. Hal ini dikarenakan masyarakat akan mendapatkan akses ke berbagai layanan keuangan yang sesuai dengan kemampuan dan keperluannya. Dengan demikian, diharapkan kesejahteraan masyarakat pada gilirannya juga dapat meningkat.

Direktur Bisnis Jaringan & Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus. Pospay Agen siap melayani semua kalangan masyarakat: masyarakat desa, UMKM, pelajar/mahasiswa, penyandang disabilitas, dan masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). (Foto: Pos Indonesia).

Senada dengan Charles Sitorus, Chief Executive Officer POSFIN Setyo Budianto menyatakan bahwa Pospay Agen memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan membantu pemerataan finansial sehingga masyarakat dapat mengakses produk dan layanan keuangan yang bermanfaat untuk kehidupannya. Dan yang perlu dicatat, “Pospay Agen akan terus berinovasi untuk dapat melayani masyarakat di setiap area desa di Indonesia, khususnya warga yang tidak memiliki akun bank,” ungkapnya.

Setyo Budianto menambahkan bahwa layanan Pospay Agen yang dapat dinikmati masyarakat meliputi fasilitas Payment Point Online Bank (PPOB) termasuk pembayaran tagihan layanan publik seperti PDAM, listrik/token, pajak, BPJS Kesehatan & Tenaga Kerja, asuransi, kredit multifinance, pulsa, paket data, telko, e-wallet, dan lain-lain. “Ke depannya akan ada beberapa tambahan fitur layanan, salah satunya pengiriman uang via wesel pos, pembayaran QRIS, konsinyasi meterai, dan tabungan giro melalui Pospay Agen,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa semua kalangan masyarakat dapat menjadi Pospay Agen dengan melakukan proses pendaftaran yang mudah dan cepat, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Chief Executive Officer POSFIN Setyo Budianto: Dengan menjadi Pospay Agen ini masyarakat dapat menjadi wirausahawan dan menerima pendapatan menjanjikan yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian negara (Foto: PosFin).

Setyo juga mengungkapkan bahwa sistem platform yang digunakan telah melewati proses pengujian keamanan oleh tim IT, sehingga calon agen tidak perlu khawatir akan adanya kemungkinan kebocoran data yang ada di dalam aplikasi.

Aplikasi Pospay Agen sudah bisa dioperasikan di platform Android (dapat diunduh di Google Play Store), platform website, dan aplikasi desktop. Maka dari itu, para Agen dapat mengoperasikan aplikasi Pospay Agen dengan kemudahan dari berbagai gadget seperti handphone dan/atau laptop.

Dengan adanya program Pospay Agen ini, “Masyarakat dapat menjadi wirausahawan dengan bergabung menjadi Pospay Agen. Mereka dapat menerima pendapatan menjanjikan yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian negara. Selain itu, tentunya, terdapat kebanggaan tersendiri dengan menjadi mitra PT Pos Indonesia,” tambahnya.

Ke depan, Charles mengungkapkan harapannya, dengan kehadiran Pospay Agen yang strategis, program pencapaian inklusi keuangan akan menjadi lebih lengkap dengan adanya akses ke berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman. Dan pencapaian tersebut dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat, termasuk di pedesaan,” pungkasnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved