Solusi Notulate Mudahkan Notulensi Rapat

Solusi Notulite membuat transkrip rapat lebih cepat dan akurat

PT Bahasa Kita memperkenalkan Notulite bertepatan di Hari Sumpah Pemuda tahun ini. Sebuah inovasi baru bagaimana voice atau suara diubah ke dalam bentuk teks dengan cepat dan akurasi sangat tinggi.

Notulite hadir memenuhi kebutuhan pasar atas sistem transkripsi otomatis bahasa Indonesia yang cepat, akurat dan ekonomis.

Notulite memiliki 4 fitur utama. Pertama, diarisasi pembicara; dengan fitur ini Notulite dapat mengenali karakteristik suara pembicara sehingga secara otomatis dapat membedakan siapa berbicara apa dalam wawancara, rapat, diskusi, maupun sidang.

Kedua, fitur multi audio. Fitur ini memberikan kebebasan dalam mengoperasikan Notulite. Suara dapat berasal dari mikrofon secara langsung maupun rekaman suara dengan cara mengunggahnya.

Ketiga adalah fitur penyuntingan semasa transkripsi. Keempat adalah fitur pemformatan teks; fitur ini bekerja menyesuaikan format penulisan agar baku sesuai ejaan yang disempurnakan dan mudah dibaca.

Bahasa Kita yang berdiri sejak tahun 2015, berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya pemrosesan suara dan bahasa Indonesia.

Notulite diharapkan mendorong penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pidato, rapat, wawancara, diskusi, perkuliahan, sidang maupun forum-forum resmi lainnya. Dan ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomer 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia.

Oskar Riandi, Direktur Utama Bahasa Kita, berpendapat, Indonesia memiliki bahasa persatu bangsa yang luar biasa, momen memperingati hari Sumpah Pemuda ini, mengingatkan kita untuk terus menerus menjaga dan mengembangkan Bahasa Indonesia. Ia berharap selain digunakan sebagai bahasa persatuan 250 juta rakyat Indonesia, Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa yang mendunia. “Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi pengenal wicara otomatis khusus di buat dalam Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Notulite ditawarkan untuk korporasi, mengingat layanan ini dibeli dengan paket software dan hardware yang meliputi: mobile workstation, wireless router, USB Sound card, cable converter dan safety hardcase. SayangOskar enggan menyebut berapa harus dikeluarkan para pengguna untuk mendapatkan layanan Notulite. Disebut di laman Bahasa Kita, beberapa klien dan mitra utamanya antaranya KPK, Kemenkes, Republika.co.id, Badan Kebijakan Fiskal, Lipi, Kementerian Lingkungan Hidup, Polytron, dan BPPT.

Selain itu perkembangan persaingan usaha di Industri 4.0 dan globalisasi saat ini, memerlukan kecepatan dalam mengambil keputusan didukung dengan data yang lengkap dan akurat. Pekerjaan notulensi yang dilakukan secara manual selain memerlukan waktu yang lama, juga sumber daya yang banyak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)