Solusi Pengelolaan Transportasi & Logistik Berbasis Teknologi

Ilustrasi tampilan AstraFMS.

Astra melalui salah satu anak usahanya yaitu, PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan fleet management solution berbasis teknologi bernama AstraFMS.

Presiden Direktur SERA, Firman Yosafat Siregar, mengatakan, salah satu yang dapat dilakukan AstraFMS adalah mengelola operasional kendaraan sedemikian rupa sehingga biaya-biaya yang tidak diperlukan dapat dipangkas dengan optimal.

“Inovasi teknologi ini dapat membantu perusahaan melakukan efisien biaya sekaligus meningkatkan produktivitas dalam menjalankan bisnis,” jelasnya.

Hadi Winarto, Direktur SERA, menjelaskan, melalui sebuah platform dan pengalaman dalam pengelolaan transportasi serta infrastruktur ini, memungkinkan terjadinya peningkatan efisiensi, efektivitas, keamanan dan keselamatan dalam proses transportasi logistik maupun penumpang.

Dengan sistem ini, perusahaan dapat memantau pengelolaan operasional pada sistem transportasi, terutama menyangkut armada kendaraan, kondisi pengemudi, biaya operasional, pengelolaan waktu, rute perjalanan, dan kondisi fisik kendaraan. “AstraFMS menyediakan data dan konektivitas yang memampukan perusahaan memonitor, menjaga, memberikan laporan serta analisa yang berguna dalam fleet management solution secara tepat, sesuai kebutuhan pelanggan,” tutur Hadi.

Hadi menambahkan, beberapa fitur dari produk AstraFMS di antaranya memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan secara real time, memonitor setiap manuver berbahaya seperti berkendara melebihi batas kecepatan, rem mendadak, menikung secara tiba-tiba, salah rute, hingga memberikan peringatan jika mobil dalam bahaya pencurian.

AstraFMS juga dilengkapi fitur yang membantu mengatur jadwal perawatan berkala termasuk dokumen dan garansi kendaraan, menganalisa performance dan perilaku pengemudi (eco & safety index), memastikan operational excellent dengan memenuhi permintaan pemesanan melalui sistem auto dispatch, yang melibatkan kendaraan dan pengemudi baik transportasi penumpang ataupun transportasi logistik.

“Seluruh manfaat tersebut sudah dirasakan oleh lebih dari 2000 armada logistik dan penumpang yang tersebar di berbagai sektor industri seperti pada industri logistik dan distribusi, FMCG, otomotif, pertambangan hingga financial,” ucap Hadi.

Hadi juga mengatakan, skala bisnis masing-masing perusahaan pelanggan memang berbeda, namun kebutuhan manajemen untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan biaya operasional adalah sama.

“Melalui AstraFMS, SERA berkomitmen untuk memberikan customer experience dan satisfaction pada level tertinggi kepada seluruh pelanggan kami. Tidak berhenti sampai disini, SERA akan terus melakukan inovasi produk dan layanan berbasis teknologi disemua lini bisnis yang kami geluti,” tutur Yosafat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)