Solusi Teams Buka Akses Gratis Pembelajaran Digital

Dampak pandemi COVID-19 telah mengubah aktivitas sehari-hari, di antaranya adalah sektor pendidikan di Indonesia. Kegiatan pendidikan beralih dari pembelajaran kelas ke ranah digital. Untuk mempertahankan produktivitas pembelajaran, Telkomtelstra menghadirkan Teams sebagai solusi layanan gratis selama COVID-19 berlangsung (20/04/2020)

Teams merupakan solusi komunikasi terpadu dari Telkomtelstra yang menggunakan teknologi Microsoft. Platform tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk mendukung pembelajaran secara digital. Sehingga dapat memberikan fleksibilitas bagi guru dan pendidik dalam berkomunikasi di satu kelas ataupun lintas kelas. Mulai dari tingkat sekelas hingga universitas.

“Pendidikan digital menjadi satu-satunya pilihan selama wabah virus Corona. Solusi teknologi Telkomtelstra siap berfungsi untuk mendukung kontinuitas pendidikan masyarakat di Indonesia, dengan berbagai fitur yang sepenuhnya mendukung pembelajaran di rumah secara digital," jelas Agus F. Abdillah, Chief of Products and Services Officer Telkomtelstra.

Selain itu Teams dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran virtual melalui konferensi video dengan fitur diskusi, daftar hadir, dan assignment (pekerjaan sehari-hari). Pendidik juga dapat menggunakan beberapa fitur kolaborasinya untuk membagikan materi. Salah satunya dengan bentuk teks atau video kepada siswa.

Tidak hanya mendukung produktivitas pendidik, Teams juga mendorong produktivitas siswa untuk tetap belajar secara aktif. Melalui aktivitas seperti peer tutoring  di mana siswa saling membantu dan belajar (sendiri) dengan mengajar,  berbagi catatan dan materi pembelajaran, diskusi dengan guru, serta melakukan kelompok studi kolaboratif.

“Dalam situasi COVID-19, para pendidik terpaksa tinggal di rumah. Telkomtelstra ingin menjangkau dan mendorong semua jenis pendidikan di seluruh Indonesia, untuk mempertahankan kegiatan belajar-mengajar dan bekerja secara digital selama masa krisis ini," tambah Agus.

Telkomtelstra, perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Telstra Corporation Limited (Telstra), sebelumnya telah menyediakan solusi Teams untuk bisnis bagi perusahaan Indonesia. Solusi tersebut dilengkapi dengan fitur penyimpanan file online, berbagi dokumen, menulis bersama (co-authoring), chat, rapat online, serta integrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Sehingga produktivitas dapat dipertahankan dengan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)