Solusi Transportasi ALE untuk Mengurangi Kemacetan

Pemanfaatan teknologi di era digital diperlukan dalam industri transportasi untuk menciptakan sistem kontrol.

Sinergi teknologi dengan kebutuhan pengguna sengaja dihadirkan Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) untuk menciptakan kontrol antara efisiensi perusahaan dan kenyamanan penggunanya.

Hal ini juga dilakukan ALE untuk mendukung transportasi  lebih baik atas kemacetan yang terjadi di Jakarta. Moda transportasi umum menjadi salah satu jawaban untuk mengurangi kemacetan di Jakarta dan kota sekitarnya. Pembangunan infrastruktur yang sedang digalakkan, diwujudkan untuk menciptakan transportasi yang lebih baik. Tak terkecuali sistem transportasi yang fokus pada kualitas pelayanannya kepada penumpang seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI).

KAI adalah contoh sukses bagaimana penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman transportasi yang lebih baik. Keberhasilan KAI dalam menerapkan sistem transformasi dan pengendalian digital untuk operasional Commuterline-nya menjadi prestasi tersendiri. Salah satu bentuknya adalah kerja sama dengan bank yang memudahkan komuter menggunakan uang elektronik sebagai pengganti tiket kertas.

Menurut Adios Purnama, Country Manager ALE Indonesia, transformasi yang dilakukan KAI telah menciptakan sistem transportasi dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi penumpang. "ALE dengan beragam solusinya siap menjawab tantangan dan membantu Indonesia membangun sistem transportasi yang lebih baik untuk mengurangi kemacetan lalu lintas,” tambahnya.

Sejalan dengan Adios, bagi Kasubdit Perencanaan Bandan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek, Tony Agus Setiono, integrasi dari informasi untuk kepentingan transportasi sangat diperlukan, bagi operator dan penumpangnya. Data informasi ini memungkinkan moda transportasi satu sama lain saling terintegrasi sehingga memudahkan para pengguna  untuk keputuhan mobilisasi.

Dalam pengimplementasian transformasi teknologi ini membutuhkan sistem TI untuk mendukung operasionalnya. ALE menghadirkan solusi transportasi dalam bentuk platform bernama ‘Rainbow’ yang dapat menghubungkan dan mengumpulkan informasi dengan teknologi AI. Melalui platform ini memungkinkan jadwal dan tracking moda transportasi saling bersatu.

Dengan solusi transportasi dari ALE, operator bisa memberikan penumpang pengalaman terbaik, mengkoneksikan infrastruktur demi meningkatkan komunikasi, keamanan dan efisiensi, serta menghubungkan penumpang dan berbagai proses dengan aman, baik untuk kecepatan, kenyamanan, maupun keamanan termasuk untuk keamanan data.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)