Sony Tawarkan Lensa Zoom Telephoto Teringan

Berkat masukan dari para profesional terkemuka, Sony terus mengembangkan jajaran G Master (Foto: Ist)

PT Sony Indonesia kembali memperkenalkan lensa terbaru. Kali ini dalam jajaran G Master, yakni FE 70-200mm F2.8 GM OSS II​ yang menghadirkan kombinasi antara resolusi dan bokeh serta performa AF (autofokus) yang dikenal dengan desain G Master Sony. Lensa terbaru ini dinilai cocok digunakan oleh para penggemar fotografi, serta fotografer dan videografer profesional dengan genre foto portrait, pemandangan alam dan videografi.

Kazuteru Makiyama, Presiden Direktur PT Sony Indonesia menyampaikan, pihaknya selalu mendengarkan para pelanggan. Berkat masukan dari pengguna di seluruh dunia, termasuk para profesional terkemuka, Sony terus mengembangkan jajaran G Master. Dengan berat sekitar 29% lebih ringan, AF hingga sekitar empat kali lebih cepat, dan pelacakan fokus saat zoom ditingkatkan sekitar 30% dibandingkan model sebelumnya, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dinilai Makiyama akan sangat membantu para fotografer dan videografer dalam membuat karya.

"Ini merupakan komitmen Sony untuk terus berevolusi dan memenuhi kebutuhan pengguna. dengan teknologi yang paling mutakhir dan tentunya dengan kualitas resolusi terbaik, bokeh ciri khas G Master, serta kemampuan Autofokus yang hebat," ujarnya dalam peluncuran secara virtual, Jumat (29/10/2021).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, tambahan terbaru dari seri G Master akan menjadi zoom telephoto tambahan yang sempurna untuk perlengkapan kreator mana pun yang ingin memaksimalkan potensi peralatan mereka baik untuk foto maupun video. "Sony menjadikan seluruh lini kamera mampu bekerja dengan semua lensa yang tersedia, baik kamera Full-Frame maupun APS-C, pengguna amatir atau profesional, baik digunakan untuk foto maupun video," kata dia.

Didesain untuk dipasangkan secara sempurna dengan bodi kamera E-mount Sony, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II tidak hanya menawarkan kualitas optik dan performa AF, tetapi juga zoom F2.8 70-200mm yang diklaim teringan di dunia dengan berat di bawah 37 oz (1.045g). Selain beratnya yang ringan, lensa ini dirancang bagi para profesional untuk memberikan keseimbangan yang ideal tanpa beban depan, memastikan bahwa pusat gravitasi lensa jatuh tepat di atas dudukan tripod. Lensa ini juga memiliki zoom internal untuk menjaga pusat gravitasi tetap konstan.

"Lensa ini telah dirancang khusus untuk profesional berdasarkan masukan langsung dari mereka. Lensa terbaru ini memiliki fungsi fokus untuk mendukung kebutuhan profesional pengguna, seperti Full-time DMF, respon fokus manual natural dan linier, serta tombol pembatas rentang fokus. FE 70-200mm F2.8 GM OSS II​ mempunyai tiga tombol tahan fokus yang dapat disesuaikan dan disediakan terpisah 90° untuk akses mudah dan kontrol yang nyaman saat pengambilan gambar dalam orientasi horizontal atau vertikal dan hampir semua sudut," papar Makiyama.

Menurutnya, lensa terbaru ini memberikan kualitas gambar yang luar biasa dengan resolusi dan kejernihan tinggi. Pengguna dapat mengharapkan gambar yang bersih dan jernih dari ujung ke ujung di seluruh rentang zoom, bahkan pada saat bukaan terbuka lebar. Selain itu, lensa ini dapat menghasilkan bokeh halus berkat bukaan maksimum F2.8 yang besar dan unit bukaan melingkar 11-blade yang baru dikembangkan.

Adanya desain optik canggih dari lensa ini termasuk elemen XA menekan efek ‘onion ring’ yang tidak diinginkan secara menyeluruh, sehingga dapat semakin meningkatkan bokeh. "Lensa ini​ menawarkan performa close-up yang sangat baik dengan bokeh yang mendalam."

Jarak pemfokusan minimum hanya 15,7 inci (0,4 meter) pada 70mm dan 32,3 inci (0,82 meter) pada 200mm, dengan perbesaran maksimum 0,3x. Lebih lagi, lensa ini dapat dipasangkan dengan teleconverter 1,4x atau
2,0x Sony yang berperforma tinggi 3 untuk memperpanjang focal length lensa hingga 400mm 4 pada bukaan F5.6, sambil mempertahankan kualitas G Master-nya.

Lensa baru ini juga menggunakan empat XD (extreme dynamic) Linear Motors asli Sony untuk kecepatan dan ketepatan AF yang membuat lensa ini sekitar empat kali lebih cepat ii dan dengan pelacakan fokus ditingkatkan sebesar 30% jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Saat dipasangkan dengan kamera flagship Sony
Alpha 1, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II​ mampu melakukan pengambilan gambar beruntun berkecepatan tinggi hingga 30 fps 5. Pelacakan AF juga tersedia bahkan saat menggunakan teleconverter.

Untuk video, lensa terbaru ini didesain untuk secara signifikan mengurangi focus breathing, focus shift dan axis shift saat melakukan zoom, sehingga meminimalkan gerakan gambar yang tidak diinginkan dan variasi sudut pandang. FE 70-200mm F2.8 GM OSS II​ dilengkapi dengan ring kontrol independen untuk fokus, zoom dan bukaan (iris), memungkinkan pengoperasian manual yang presisi. Ring bukaan juga memiliki tombol klik on/off.

Lensa terbaru FE 70-200mm F2.8 GM OSS II​ akan tersedia di Indonesia pada November 2021 dengan harga Rp37.999.000. Pembelian secara pre-order sudah dapat dilakukan mulai pada 29 Oktober 2021 hingga 14 November 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer. Untuk pembelian dalam masa pre-order, Sony menawarkan paket spesial berupa H&Y Magnetic ND Filter Kit senilai Rp1.999.000.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)