Trends

Sportel Kumpulkan Pelaku Penyiaran Olahraga Dunia di Bali

Direktur Utama PT Indonusa Telemedia yang juga mitra International Sportel Monaco, Peter F. Gontha.

Sportel, pameran industri penyiaran olahraga, akan diselenggarakan pada tanggal 23 Februari hingga 24 Februari di di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali. Untuk pertamakalinya Indonesia menjadi tuan rumah Sportel Rendez-vous, setelah empat tahun absen di pasar Asia yang terakhir kali diadakan pada 2019 di Makau.

Selain menjadi pameran dan tempat pertemuan olahraga bertaraf internasional, Sportel juga menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk terhubung kembali dan menjalankan bisnisnya dengan para pemimpin bisnis olahraga utama dari pasar Asia-Pacific (APAC).

Pasar Asia dinilai memiliki potensi yang besar dalam industri penyiaran olahraga. Selain memiliki jumlah penduduk yang banyak, masyarakat Asia juga gemar menonton tayangan olahraga. Beberapa diantaranya Sepak Bola, Basket, dan Tenis. “Olahraga merupakan masa depan tontonan masyarakat, khususnya di Indonesia. Pergeseran ini menjadi peluang bagi penyelenggara tayangan untuk menyiarkannya di Asia,” kata Direktur Utama PT Indonusa Telemedia yang juga mitra International Sportel Monaco Peter F. Gontha.

Dia berharap Gelaran Sportel di Bali bisa mendatangkan pengusaha penyiaran dan penyelenggara olahraga baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Indonesia sejak beberapa tahun terakhir telah berhasil menyelenggarakan event akbar internasional seperti Moto GP. Formula E, G20, APEC, IMF, Asian Games, hingga Sea Games. Melihat hal ini, kata Peter, sudah sepantasnya Indonesia menjadi perhatian para penyelenggara event kelas dunia.

Data menunjukkan, pasar APAC berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar US$49,2 Miliar pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Untuk mensukseskan acara tersebut, Sportel telah merancang program untuk meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan tersedia. Tata lokasi dari booth yang tersedia juga telah diatur dan disesuaikan dalam satu ballroom yang luas untuk memaksimalkan lalu lintas serta jaringan & peluang bisnis yang akan terjadi.

Selain itu, berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga turut hadir untuk mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan, dan membuat kesepakatan dalam acara ini. Perusahaan tersebut meliputi Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, LaLiga, Seri A, NBA, Spanish Basketball League, Mediapro, dan PGA Tour.

“Saya selalu menikmati momen saat menghadiri acara Sportel karena hanya disini satu-satunya tempat dimana perusahaan teknologi, penyiaran, dan federasi olahraga dapat berkumpul bersama. Hal ini bukan hanya sebagai tempat untuk mencari pelanggan tetapi juga tempat terbaik untuk memahami tentang teknologi di masa depan,” ujar Meghna Krishna, CRO dari Magnifi.

Adapun peserta yang hadir, 54% berasal dari Asia, 37% pembeli konten, dan 30% perusahaan yang hadir untuk pertamakalinya. Selain Pasar Konten Olahraga & KTT Konferensi, Sportel juga mengadakan side-event seperti turnamen Golf dan Voli Pantai.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved