Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2017 Capai 5,05%

Sri Mulyani (kedua dari kiri) dalam konferensi pers perkembangan ekonomi makro dan realisasi APBN 2017 (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Perekonomian lndonesia 2017 diperkirakan tumbuh pada tingkat 5,05% yang didorong oleh stabilitas pertumbuh konsumsi dalam negeri, peningkatan investasi dan ekspor. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam paparan perkembangan ekonomi makro dan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017.

Capaian ini menunjukkan perekonomian indonesia melanjutkan momentum perbaikan yang telah dibangun dalam dua tahun terakhir. “Perbaikan kondisi perekonomian global, khususnya negara maju mitra dagang utama mendorong peningkatan aktivitas perdagangan lndonesia. Hal ini berkontribusi positif terhadap kinerja bea masuk dan bea keluar, ujar Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, (2/1/2018).

Sementara bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas harga, perbaikan tata niaga komoditas pangan dan koordinasi kebijakan antara pemerintah, Bank lndonesia, dan sektor riil membantu menciptakan inflasi yang terkendali. “Tingkat inflasi yang rendah telah membuat daya beli masarakat tetap terjaga,” ungkapnya.

Penguatan kebijakan pengelolaan ekonomi dan fiskal mampu memberikan dorongan pada peningkatan iklim investasi di indonesia dan kepercayaan global terhadap perekonomian lndonesia. Hal ini mendorong penurunan tingkat suku bunga SPN, dan stabilitas nilai tukar mendekati besaran asumsi APBNP Tahun 2017.

Adapun, dinamika ekonomi dan politik global telah mendorong kenaikan harga minyak dunia yang juga mempengaruhi pergerakan harga ICP selama tahun 2017. Sementara, lifting minyak dan gas diperkirakan sedikit dibawah dari asumsi APBNP Tahun 2017. Kenaikan harga minyak memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan penerimaan PPh Migas dan PNBP. Namun demikian, dalam menjaga kesehatan APBN, pemerintah terus memantau dampak kenaikan ini terhadap besaran subsidi energi di dalam APBNP 2017.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)