Standard Chartered Sediakan Paylater untuk Pasar Massal

Maraknya fenomena buy now, pay later khususnya di kalangan anak muda dalam transaksi sehari-hari, mendorong Standard Chartered Bank Indonesia bermitra dengan platform Kredivo untuk memberikan layanan pay later bagi pasar massal.

Melalui kerja sama tersebut, keduanya ingin memberikan layanan kredit yang mudah dan mendukung inklusi keuangan di  masa pemulihan ekonomi ini. Di sisi lain, Kredivo menilai kolaborasi tersebut merupakan langkah perusahaan untuk bisa menggaet jutaan konsumen dengan memberikan layanan keuangan yang cepat.

“Kerja sama ini menunjukkan bagaimana fintech dan bank bersinergi mencapai tujuan yang selaras, yaitu membuka akses kredit seluas-luasnya,” kata Umang Rustagi, CEO Kredivo Indonesia. Dia berharap layanan pay later ini bisa mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Sejalan dengan optimisme yang dikemukakan Kredivo, Jeffrey Tan, Head of Consumer, Private and Business Banking (CPBB) Indonesia Standard Chartered, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya memiliki posisi yang kuat di segmen ritel menengah atas.

“Kini kami memperkuat dan memperluas saluran distribusi untuk melayani konsumen di segmen pasar massal dengan lebih efisien,” ujarnya. Pemilihan Kredivo sebagai partner, menurut Jeffrey disebabkan adanya kesamaan visi yang sama untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui penawaran POS (point-of-sale) lewat platform digital.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam laporannya mencatat total aset perusahaan fintech lending mengalami kenaikan menjadi 4,34 triliun per Juli 2021 ini. Sebelumnya, total aset yang dicatatkan oleh perusahaan fintech sebesar Rp3,25 pada Juli di tahun 2020. Masih dalam laporan yang sama, OJK menyebut bahwa penyaluran outstanding loan juga mengalami kenaikan, dari 11,49 triliun pada Juli 2020 menjadi Rp24,22 triliun pada periode yang sama. Kenaikan tersebut diyakini akibat dari meningkatnya jumlah vaksinasi, sentimen pasar, penjualan ritel, serta permintaan akan pinjaman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)