Start Summit 2021 Dukung Kemajuan Talenta Digital

Mendukung Indonesia memenuhi 9 juta talenta digital atau sekitar 600 ribu orang setiap tahun pada 2035, perusahaan teknologi Tokopedia kembali menghadirkan konferensi teknologi tahunan START Summit dengan tema ‘Transforming Indonesia Through Technology’.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini kegiatan START Summit akan dilakukan secara daring yang dapat diikuti melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia serta situs Tokopedia Academy. Co-founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi Indonesia pihaknya terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui START Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia.

"Ini adalah wadah untuk mengasah talenta digital Indonesia baik itu para tech enthusiast, pengajar, mahasiswa, dan sebagainya. Mereka akan belajar pengalaman pertama dari nakama (karyawan Tokopedia) yang benar-benar siang dan malam untuk memastikan platform kami berjalan dengan baik," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (30/06/2021).

Kegiatan yang berada di bawah payung Tokopedia Academy ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempelajari serta memahami berbagai topik seperti core engineering, infrastructure and productivity, data maupun hal-hal inovatif dan produktif lainnya demi menunjang keberlanjutan transformasi digital Indonesia.

"Kita punya kewajiban moral buat bersama-sama mendukung inovasi teknologi di Indonesia. Dan talenta is the key untuk mendukung 9 juta sebelum 2035. Bahkan di Tokopedia kami punya tagline baru yaitu 9 in 9, 9 juta dalam 9 tahun," tambah CTO dan Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja.

Ada 3 topik utama yang akan dibahas pada START Summit 2021, yaitu Core Engineering seperti pemograman, pengembangan produk, memantau dan mengelola promo/kampanye yang terintegrasi; Infrastructure dan Productivity diantaranya strategi multi-cloud untuk memastikan >100 juta pengguna aktif bulanan; serta Data dimana menemukan bagaimana Tokopedia menciptakan otomatisasi menggunakan data science, machine learning serta mengambil keputusan berdasarkan data.

Topik-topik tersebut akan dibagikan oleh sederet talenta digital Tokopedia. Adapun seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia START Summit 2021 ini dapat diakses secara gratis. Masyarakat cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Selain START Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih banyak lagi.

"Kami ingin program ini akan terus berjalan bukan setahun sekali. Makannya di Tokopedia Academy kami buat mini conferences setiap bulan, ada juga workshop di mana setiap bulannya kami pilih 40-50 orang untuk share pengetahuan terkait android, IOS, programming, dsb selama 4-6 jam. Harapannya orang-orang yang terpilih tersebut bisa menggunakan ilmunya dan membawa dampak bagi tempat kerjanya," papar Herman.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI. Pertama, program Magang Bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.

"Melalui program ini kami ingin mendorong kemajuan talenta digital Indonesia melalui kolaborasi dengan mitra strategis, memberikan ruang seluas-luasnya kepada talenta digital untuk menghasilkan inovasi terbaik bagi masyarakat, serta membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi," tutur Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin Tanu Utomo.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)