Startup Asuhan East Ventures Kolaborasi Tangani COVID-19

Founder dan Co-Founder Nusantics

East Ventures melalui ekosistem startup yang dibentuknya menginisiasi gerakan Indonesia Pasti Bisa, yaitu mendukung pengembangan dan produksi 100.000 Test Kit COVID-19. Startup yang bergabung diantara lain adalah Nusantics, Koinworks, dan IDN Media.

Nusantics, startup deep-tech bidang genomic kini
tengah mengembangkan test kit untuk pengujian infeksi Covid-19. Proyek ini adalah bagian dari tugas Nusantics sebagai anggota Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selama 3 pekan ke depan, Nusantics akan menggunakan keahlian dan
sumber daya milik perusahaan dalam bidang genetika untuk mengembangkan test kit qPCR yang didesain spesifik untuk populasi Indonesia. Nusantics akan bekerja sama dengan Bio Farma, Indonesia International Institute for Life Sciences, dan BPPT untuk memproduksi 100.000 test kit. Selain itu, Nusantics akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab Covid-19 yang menyebar di Indonesia.

East Ventures akan menghimpun pendanaan dengan target Rp10 miliar. Dana senilai Rp9 miliar akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100.000 test kit secara gratis, sedangkan dana Rp1 miliar akan digunakan untuk proyek whole genome sequencing.

Koinworks bergabung sebagai mitra akuntabilitas untuk menyediakan dan mengelola platform urun dana. Sedangkan IDN Media akan terlibat sebagai mitra transparansi. Setiap pekan, perkembangan dan hasil kerja tim akan
dipublikasi.  Adapun, setiap donasi yang masuk akan ditampilkan di situs web resmi Indonesia Pasti Bisa.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca, mengatakan, ini pertama kalinya East Ventures memimpin fund raising non-profit yang dimulai dari berita keterlibatan Nusantics dalam task forc BPPT dalam menangani Covid-19.

“Dengan menggabungkan keahlian perusahaan-perusahaan di bawah ekosistem East Ventures, kami membentuk sebuah platform baru yang inovatif bernama Indonesia Pasti Bisa. Nusantics, dengan kapabilitas deep tech di bidang bioscience adalah ujung tombak proyek ini,” ujar Willson.

Publik bisa berpartisipasi dalam upaya ini dengan menyumbangkan dana, bahan baku dan peralatan, atau tenaga dan keahlian dengan mengakses website resmi Indonesia Pasti Bisa. Gerakan urun dana akan dimulai pada Senin, 30 Maret 2020 pukul 09.00 WIB.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)