Startup Berbasis Securities Crowdfunding Binaan UI

Universitas Indonesia (UI) meluncurkanstartup binaannya bernama FundEx. Perusahaan rintisan ini beroperasi dengan konsep securities crowdfunding, metode pengumpulan dana untuk memulai bisnis melalui pola patungan.

Dalam implementasinya, FundEx akan menawarkan tiga jenis efek, yaitu efek yang bersifat ekuitas (saham), efek bersifat utang, dan sukuk. Nantinya pengelolaan dana dari masyarakat ini akan diinvestasikan ke sektor-sektor yang bergerak di bidang usaha digital dan kreatif.

Peluncuran FundEx ini merupakan bagian dari langkah UI sebagai PTN-BH. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Riset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA di acara peluncuran menyatakan, salah satu konsekuensi PTN-BH adalah adanya tuntutan untuk kemandirian dalam pengelolaan finansial universitas. Hal ini menuntut UI bukan hanya mendorong iklim wirausaha di kalangan dosen dan mahasiswanya saja, tetapi juga menjadikan dirinya sebagai organisasi kewirausahaan. Wujud dari organisasi kewirausahaan dalam pengelolaan kampus diwujudkan antara lain melalui Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU).

“Sebagai wujud dari organisasi kewirausahaan, DPPU terus berusaha untuk meningkatkan pendapatan UI melalui unit-unit usaha yang dimiliki. Selain itu, UI juga memiliki program akselerasi dan pembukaan akses pilihan pendanaan dan permodalan seperti program UI Works dan penyediaan fasilitas coworking space di Kampus UI Depok untuk usaha-usaha rintisan binaannya. UI sendiri juga memiliki holding company yang mewadahi unit-unit usaha komersial lain yaitu PT UI Corpora,” ujar Prof. Dedi.

Syahnan Poerba, Direktur Utama PT UI Corpora menjelaskan, FundEx merupakan salah satu dari 10 startup yang dikembangkan oleh PT UI Corpora. Dalam FundEx, PT UI Corpora menanamkan modal bersama-sama dengan para penanam saham lainnya dalam menjalankan usaha bisnis patungan untuk penyediaan permodalan. Pihaknya berharap, keberadaan FundEx sebagai jawaban atas permasalahan kesulitan pembiayaan modal yang dihadapi oleh usaha-usaha baru.

“Diharapkan, keberadaan FundEx akan menjadi solusi kebutuhan permodalan usaha-usaha rintisan yang ada di UI, sehingga ekosistem kewirausahaan di UI akan terus berkembang,” ujarnya dalam acara peluncuran bertajuk Peran Platform Securities Crowdfunding dalam Ekosistem UI Menuju Entrepreneurial University.

Ahmad Gamal, Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI (DISTP UI), menambahkan, pihaknya menyambut baik dibentuknya FundEx ini karena akan membantu tugas DISTP UI untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan di UI. Menurutnya, selama ini DISTP melakukan pengembangan ekosistem kewirausahaan ini melalui tiga konsep, yaitu  problem-solution fit, scale up, dan product-market fit.

Adapun DISTP UI bersama DPPU dalam perjalanannya menerima berbagai macam jenis startup yang datang untuk meminta bantuan pengembangan dan asesmen. Mulai dari perusahaan bentukan mahasiswa yang belum memiliki modal sampai dengan perusahaan rintisan yang telah siap modal. Bentuk penanganannya antara lain pembantuan modal usaha, pembuatan modul bimbingan, dan menyambungkan perusahaan rintisan dengan jejaring yang tepat.

“Inkubasi yang diberikan oleh DISTP ini melengkapi penyediaan pendanaan yang diberikan oleh FundEx dan terdapat wadah bagi para usaha rintisan untuk tumbuh bersama melalui PT UI Corpora sebagai holding company UI,” ujar Gamal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)