Startup Dapat Mendukung Terciptanya Ekosistem Bisnis EBT

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI Dadan Kusdiana mengatakan Indonesia mempunyai lebih dari cukup sumber Energi Baru Terbarukan (EBT), dengan potensi lima kali lebih besar dari yang akan digunakan di 2060 dengan sumber daya yang bervariasi.

Hal ini disampaikan pada Festival Energi Terbarukan Spark 2022 di The Westin Hotel, Jakarta (02/06/2022). Festival yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus Indonesia dan didukung Ikea Foundation ini dilaksanakan 2 – 3 Juni untuk inovator dan startup energi menggali dan mengembangkan ide serta inovasi demi terciptanya ekonomi hijau di Indonesia.

Untuk diketahui, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam sumber daya EBT yaitu lebih dari 400 GW, sedangkan dari jumlah tersebut baru dimanfaatkan sebesar 2,5% atau 10 GW. Pemerintah giat mendorong optimalisasi pemanfaatan EBT untuk pembangunan yang berkelanjutan dan lingkungan hidup. Keberadaan perusahaan rintisan atau startup diharapkan mampu menciptakan ekosistem bisnis EBT yang menggerakkan roda perekonomian nasional di masa mendatang.

“Pemerintah tidak bisa sendiri dalam gerakan mendorong EBT, juga edukasi dan program-program implementasi, bagaimana transisi energi, keuntungannya. Kami mengapresiasi yang dilakukan Nexus dengan festival ini,” katanya. Menurut Dadan, konsumen sekarang makin pintar, mereka rela membayar lebih banyak untuk produk yang lebih ramah lingkungan dan memanfaatkan energi green.

New Energy Nexus penyelenggara festival ini mendukung beragam wirausaha/startup energi bersih, mulai dari teknologi baru hingga penerapan dan adopsi energi bersih melalui program akselerator, pendanaan, dan ekosistem.

“Kami memahami bahwa memberikan sumber daya yang tepat kepada wirausaha/startup pada waktu yang tepat akan membuka solusi energi bersih yang dibutuhkan dunia untuk mengatasi krisis iklim. Sampai tahun ini, kami memiliki program di 10 negara untuk membantu para startup berkembang dan berhasil. New Energy Nexus berkomitmen untuk selalu mendukung dan berkontribusi dalam menciptakan transisi energi bersih di dunia,” terang Chief Energy Officer New Energy Nexus Danny Kennedy.

New Energy Nexus dibantu oleh Ikea Foundation, mendukung pengembangan startup EBT. Festival yang mengusung tema ‘Accelerating Transition and Igniting Innovation’ ini disponsori oleh Medco Foundation, Innovation Factory, GIZ dan TransJakarta.

Acara ini diselenggarakan untuk mendukung dan mempercepat adopsi energi terbarukan dan inovasi ramah lingkungan, melalui rangkaian kegiatan seperti: Hackathon – ajang kompetisi pengembangan inovasi dan bisnis startup dalam menemukan solusi permasalahan iklim,

Di pameran, ada 23 startup memamerkan inovasi/produknya, Investment Speed Dating – sesi mempertemukan startup dengan calon investor, serta diskusi interaktif terkait energi terbarukan dalam sesi workshop dan seminar.

“Kami mendukung berbagai upaya sosialisasi EBT hingga dapat mendukung penciptaan tenaga kerja hijau, menyebarkan informasi-informasi tentang EBT ke daerah bahwa EBT bisa dimanfaatkan untuk mendukung ekonomi di Indonesia ke depan. Dalam pemanfaatan new energy akan lahir 2 juta new green job opportunity, kami menggandeng berbagai pihak untuk melahirkan SDM yang siap mendukung EBT,” kata Dadan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)