Strategi 360 Derajat Origin Musik

Andrey Noorman Head of Operation Origin Musik (kanan) dan Billy Ching dari Origin Musik (kiri)

Industri musik di Indonesia sempat mengalami masa jaya 10 tahun lalu kala penjualan CD musik dan RBT (ring back tone) mampu memakmuran mereka. Era digital memang mendisrupsi industri musik, tentu harus ada solusi bagi para pemusik menghadapi ini, agar bisa berkarya baik dan  diterima pasar.

Origin Musik sebuah label rekaman yang mulai berkiprak di dunia musik pada Januari 2018, menawarkan strategj 360 derajat dalam upaya mendorong industri musik Indonesia lebih sehat terutama bagi pemusik.

Andrey Noorman, Head of Operation Origin Musik, menjelaskan saat perkenalan karya Freshly Baked Music bahwa ada banyak perubahan di industri musik dalam 10 tahun terakhir, terutama dalam pola sales, marketing dan promosinya. “Pelaku di industri ini harus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Kita harus mengedepankan dan mempertahankan original musik bukan pengekor, pengekor tidak akan mendapat tempat. Harus menjaga kesejatian bermusik dan karya yang diutamakan,” katana di The Old Tample Jakarta Selatan (10/04/2019).

Origin Musik sebagai sebuah music utility company menurut Andrey yang akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan musik dari hulu atau produksi hingga ke hilir (distribusi dan pemasaran). “Kami mengutamakan kolaborasi, bentuknya lintas genre yang bisa jadi akan menghasilkan genre baru. Di era media sosial, ada banyak karya yang dibuat dengan dana besar, namun tidak berkualitas karena demi memuaskan follower,” katanya. Untuk itu, hal ini tidak akan digarap Origin Musik.

Maka yang dihadirkan Origin Musik adalah karya-karya dengan cita rasa yang khas, unik, berorientasi lokal namum tetap original. “Dengan dukungan IT, menggandeng Webtv Asia, Origin Musik akan membawa pemusik keluar Indonesia, hadir di pentas dunia,” klaim Billy Ching dari Origin Musik. 

Billy yang juga mengelola WebTV Asia, yang merupakan partner Youtube di Asia, menegaskan bahwa kerja sama Origin Musik dengan pemusik di dalam label ini akan mendorong karir mereka ke kancah global. 

“Kami menawarkan strategi 360 degree, jadi bukan sekadar jualan, tapi menghadirkan karya musik Indonesia melalui seluruh kanal seperti digital streaming platform, live music, juga fisik piringan lagu,” imbuhnya. Namun, ia mengatakan bahwa fisik piringan musik tidak akan menjadi tujuan penjualan, tapi lebih sebagai marchandise

“Kami baru setahun hadir, namun menjanjikan sistem yang membuat musisi bisa melihat hasil dari karya-karyanya, transparansi pendapatan dengan dukungan solusi TI yang akan kami kembangkan,” ujarnya mengklaim.

Freshly Baked Music by Origin Musik merupakan karya kolaborasi musisi, pencipta lagu, produser dan profesional misik kenamaan Indonesia seperti Krishna Balagita, Yudhis Dwiklfana, Irvnat, Grabrirl Bimo Sulaksono dan Irwan Simanjuntak. Origin Musik memproduksi lagu dari musisi-musisi yang fresh, tidak hanya untuk pasar Indonesia juga mancanegara. Artis yang ada di Freshly Baked by Origin Musik antaranya Ziy, Sajjad Ali, The Titan, SXD, Sulu dan RENN Miko.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)