Strategi Bank Mandiri Jaga Pertumbuhan Kredit Mikro

Kredit usaha mikro Bank Mandiri masih solid di tengah melambatnya ekonomi negara ini.  Sejak 2014 sampai sekarang, pertumbuhannya sekitar 20% per tahun  dan akhir 2017 ditargetkan 28% senilai Rp65 triliun.

Hingga Juni tahun ini pertumbuhan kredit mikro sudah menyentuh 17,9% dibanding periode yang sama tahun lalu. Nilai total kredit yang disalurkan sebesar Rp 54,3 triliun.

Atas pencapaian tersebut, portofolio kredit mikro Mandiri hampir setara dengan 17,43% dari total industri. Hal ini disampaikan Rohan Hafas, Corporate Secretary Bank Mandiri saat media training di Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Kami hadir untuk menciptakan nilai tambah pada masyarakat, sesuai dengan komitmen perusahaan ini sebagai BUMN," imbuhnya.

Sujarman, Pemilik Lombok Sasak MaiQ saat kunjungan UKM Binaan Bank Mandiri

Pembiayaan Bank Mandiri sektor mikro menempati porsi 58,67 persen dari total portofolio. Pinjaman tersebut dikatakan Rohan disalurkan ke pertanian, perikanan dan pertambangan, yang merupakan sektor produktif.

Penyaluran kredit di sektor produktif pada produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) sebesar 40% juga dijalankan Bank Mandiri sejak 2007.   Hingga  Juni 2017, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 40,8 triliun kepada 874.821 debitur di seluruh Indonesia. Sedangkan

Di semester I/2017 jumlah KUR yang dikucurkan sudah mencapai 45% dari target sebesar Rp 13 triliun atau setara dengan Rp 5,8 triliun,

Secara sektor, penyaluran KUR Bank Mandiri masih didominasi oleh bidang usaha perdagangan, yakni 29% lebih, lalu diikuti oleh sektor jasa dan sektor pertanian. Adapun secara regional, penyaluran KUR terbesar dilakukan di Provinsi Jawa Timur kepada 23.178 debitur senilai Rp 1, 115 triliun.

Salah satu penerima KUR Bank Mandiri adalah Lombok Sasak MaiQ, UKM pembuat panganan khas Lombok dari rumput laut yang dikunjungi dalam acara Mandiri Media Training 25-27 Agustus 2017. Menurut Sujarman, pendiri usaha ini, dia sudah mulai menggunakan kredit dari Bank Mandiri mulai tahun 1990-an.  "Pinjaman naik terus nilainya,  mulai dari Rp 5 jutaan, seiring perkembangan usaha, sekarang pinjaman KUR kami sudah Rp 200 juta," ungkapnya.

Usahanya setiap hari menggunakan 50 kg rumput laut dari petani yang kemudian dibuat beragam panganan dari rumput laut seperti stik (krupuk renyah), kopi, jeli dan sebagainya. Total tiap bulan dia bisa membuat 500 ribu bungkus. "Pinjaman kami naik tentu seiring berkembangnya bisnis ini. Kami berkembang seperti sekarang, karena dibina dan dibimbing tim Bank Mandiri," katanya.

Strategi Kredit Mikro

Kualitas SDM yang mumpuni menjadi kunci Bank Mandiri dalam mencapai target tersebut. Untuk itu pelatihan dan pembekalan diberikan agar proses penilaian kelayakan dan persetujuan kredit dapat dilakukan lebih cepat. Pendampingan dan tutoring tentang pengelolaan keuangan jg diberikan agar mereka bisa memberikan nilai tambah pada pelaku usaha mikro binaannya.

Basis nasabah Bank Mandiri sekitar 1,2 juta dijadikan kekuatan strategi untuk mencapai target tersebut. Jumlah nasabah yang besar itu dijadikan sebagai mitra pengembangan maupun target pasar. "Sinergi seperti ini terbukti efektif dan efisien dalam ikut memicu produktifitas pelaku usaha mikro," tambah Rohan.

Kemudahan diakses menjadi langkah lain Bank Mandiri untuk mencapai target di segmen mikro ini. Jaringan Mandiri Micro ditingkatkan untuk mencapai target di akhir tahun tersebut. Saat ini ada 994 cabang mikro, 1427 unit mikro dan 652 kios mikro di seluruh Indonesia.

Strategi lain adalah menguatkan dua produk mikro unggulan yaitu KUM dan KSM. Kedua produk ini didesain agar dapat mendukung perkembangan usaha debitur melalui skim kredit yang menarik dan bunga bersaing.

Menurut Rohan, beragam upaya yang dijalankan Bank Mandiri, mempengaruhi dengan signifikan kualitas pembiayaan mikro Bank Mandiri, terlihat dari NPL atau rasio kredit bermasalah di segmen ini terjaga hanya 2,4% pada Juni 2017.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)