Strategi Bisnis Advance Tetap Tumbuh Dobel Digit

Hendra selaku Sales & Marketing Director Advance (kanan) bersama calon pembeli

Menjaga bisnis tetap sehat selama 25 tahun tentu tidaklah mudah. Advance yang dikenal sebagai produsen water purifier & wellness product di Indonesia pada tahun ini memasuki usia 25 tahun. Meski dalam tiga tahun terakhir kondisi bisnis dirasakan berat, Advance bisa menjaga pertumbuhan penjualannya dobel digit.

“Pada tahun 2017 dan 2018 bisnis sempat terasa berat, pertumbuhan penjualan 10-15%, tapi tahun 2019 naik, penjualan kami sampai Juni tahun ini tumbuh 20%,” ungkap Hendra, Sales & Marketing Director Advance. Menurutnya, Advance sejak awal hadir pada 1994 secara konsisten menyasar pasar yang konsern pada kesehatan. Advance fokus menghadirkan produk-produk berkualitas di tiga kategori yaitu alat kesehatan, water purifier, dan produk fitness.

Selain dengan memiliki toko sendiri, merupakan strategi distribusi pun dikembangkan dengan menggandeng jaringan besar toko buku Gramedia, toko bangunan (Mitra 10, Depo Bangunan), toko elektronik (Electronic City, Best Denki), supermarket (Transmart, Hypermart, Superindo), hingga toko otomotif. Terus melakukan pengembangan pasar dan konsolidasi bisnis, lanjut Hendra pun dijalankan agar Advance tetap tumbuh penjualannya.

“Kuncinya, pada  5 strategi unggulan yaitu jaringan yang luas
di lebih dari 250 jaringan hampir di seluruh kota besar Indonesia, menjaga
kepercayaan masyarakat dengan produk-produk yang bersertifikat Alkes resmi, dukungan purna jual terbaik, selalu menghadirkan design & tekhnologi yang inovatif. Dan yang terutama,  dengan
pengalaman kami di bisnis ini selama 25 tahun, kami berkomitmen untuk tetap
kompetitif dan menjadi market leader di bidangnya,” tandas Hendra.

Hendra mengatakan Advance terus menjaga agar selalu diterima pasar dengan selalu menghadirkan produk-produk inovatif. “Dulu kami bisa menjual misalnya kursi pijat kesehatan seharga Rp 20 juta, walau tetap ada pasarnya. Dengan kondisi pasar yang makin kompetitif, pasar baru bisa kami sentuh dengan strategi baru yaitu dengan menghadirkan produk lebih murah Rp 12 juta untuk kursi pijat. Segmen anak muda kini pun makin aware dengan kesehatannya, ingin memiliki produk yang membuatnya nyaman di rumah. Dengan harga lebih murah plus pola bayar yang fleksibel, strategi ini ditangkap pasar dengan baik. Maka itu pada 2019 kami bisa mencapai pertumbuhan 20%” terangnya. Ia melihat paska Lebaran dan Pilpres 2019 justru penjualan Advance bagus.

“Produk kami ini uniknya tidak terpengaruh pelemahan Rupiah dan daya beli turun, karena segmennya di SES A dan B (kelas ekonomi, red). Faktor kedua, orang kini makin sadar kualitas hidup lebih baik. Produk lifestyle seperti Advance yang memang untuk kesehatan diminati segmen SES A dan B yang membutuhkan yang bisa meningkatkan kualitas hidup,” katanya.

Seperti misalnya kualitas air kini menjadi perhatian segmen yang disasar Advance ini sekarang, maka itu produk water purifier Advance walau mahal, tetap diminati untuk dibeli demi memenuhi kebutuhan air yang kualitasnya lebih baik.

Hendra menjelaskan, dengan cara berkomunikasi berbeda sekarang, bahwa kalau dulu yang membeli kursi pijat di atas 40 tahun usianya, dengan makin banyaknya konsumen Advance usia muda, ia pun mengambil strategi yang lebih dekat dengan mereka dalam mengkomunikasikan produknya. “Kini justru dibeli yang lebih muda usia 20an, maka itu ditawarkan harga lebih rendah, mereka peduli dengan smarthome, kami lalu hadirkan cicilan panjang. Kampanye pun banyak melalui media sosial dan digital marketing,” imbuhnya.

“Bukan sekadar sehat secara fisik, namun juga sehat dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengurangi stress akibat rutinitas padat dan dikejar deadline. Banyak orang tidak sadar bahwa stress berkepanjangan akan berdampak pada penurunan stamina, sehingga tubuh menjadi tidak fit dan mood tidak stabil, yang mana akhirnya akan berpengaruh juga pada kualitas hubungan baik dengan keluarga, teman, atau relasi kerja,” katanya.

Memahami makin pedulinya pada kualitas air, Advance menghadirkan layanan dan produk terbaru tahun ini yaitu rental water purifier dengan brand  Advance Easy Rent, dan massage chair bersistem
vending machine dengan brand Advance Relax & Go. Ini
merupakan cara Advance menjawab suara pasar yang makin fleksibel.

Untuk bisnis sewaan water purifier, Advance mengelolanya melalui divisi berbeda. Per mesin disewakan dengan biaya sewa Rp 500 ribu per bulan. “Kami akan segera hadir  dengan paket Rp 300 ribu per bulan melalui divisi Advance Easy Rent. Walau baru dihadirkan, responnya lumayan dari korporasi,” katanya tanpa menyebut angka kinerja bisnis divisi ini.

Layanan baru ini sudah ada di 16-17 gerai showroom Advance dan setiap kota ada service center. “After sales service menjadi value added Advance. Contohnya untuk produk water purifier tiap 2 bulan sekali datang untuk membersihkan selama pelanggan menyewa alat tersebut, ini nilai jual kami. Segmen ini tidak mau repot, makanya kami berikan layanan terbaik. Mereka kalau puas akan sarankan ke teman atau kerabatnya,” katanya. Dalam waktu dekat, ditambahkan Hendra, Advance juga akan menghadirkan Air Purifier. Ini guna menjawab kebutuhan segmen ini akan kebersihan udara yang dihirupnya.

Dalam rangka merayakan HUT Advance ke-25, diadakan pameran di AEON Mall Tangerang Serpong pada 1-13 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan bentuk eksistensi Advance selama 25 tahum berkarya. Advance ingin mengajak masyarakat makin peduli pada kesehatan melalui pameran yang setelah dari Serpong akan merambah kota-kota lain di Indonesia.

Sejalan dengan hal itulah, pameran Advance kali ini sengaja dibuat dengan tema Family Time, untuk memperkenalkan gaya hidup sehat sebagai hal yang menyenangkan dan memang diperlukan oleh setiap usia. Advance sengaja merancang konsep khusus, pada area pameran dibagi 2 kategori yaitu ExZone (Exhibition Zone) dan KidsZone. Di ExZone pengunjung bisa bebas mencoba produk-produk Advance yang telah di display secara apik.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)