Trends

Strategi Blue Bird Garap Segmen Premium

Sigit Djokosoetono, Direktur PT Blue Bird Tbk, (kedua dari kanan)

PT Blue Bird Tbk kian mempertunjukkan keperkasaannya menjadi perusahaan transportasi terbesar di Indonesia. Berbagai inovasi dilakukan untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggannya. Mengawali tahun 2020, salah satu terobosan yang dilakukan PT Blue Bird Tbk, yaitu memperkenalkan armada terbarunya, yaitu Bigbird Premium unit Alpha dan Bravo untuk bus layanan pariwisata.

Armada Bigbird Premium didesain dan dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas layanan personal yang menawarkan nuansa mewah dan premium, mulai dari business class seats dengan fitur pijat, ruang karaoke, onboard kitchen, mini refrigerator, ruang pribadi untuk meeting, Wi-Fi, minibar, LCD TV, hingga rest room. Semua fasilitas pendukung ini kami hadirkan sebagai penunjang bagi faktor kenyamanan penumpang.

Menurut Sigit Djokosoetono, Direktur PT Blue Bird Tbk, Kehadiran armada terbaru ini menjadi bagian dari diversifikasi usaha yang terus dikembangkan oleh Bigbird, dimana layanan Bigbird Premium menjadi pilihan dari layanan transportasi yang tidak hanya menghadirkan keamanan dan kenyamanan, namun juga mampu menawarkan nuansa premium dan mewah, sehingga para konsumen akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar berbeda pada saat perjalanan wisata bersama keluarga maupun keperluan bisnis.

Kedatangan dua unit terbaru ini menjadikan Bigbird secara total telah mengoperasikan sebanyak sepuluh unit di layanan Bigbird Premium, terdiri dari dua unit Bigbird Alpha Premium dan delapan unit Bigbird Bravo Premium.

“Kami yakin dengan beragam keunggulan yang ditawarkan oleh Bigbird Premium ini akan mampu memberikan sentuhan layanan personal dalam mendapatkan respon positif dari masyarakat,” kata Sigit.

Diakui Sigit, armada terbaru Bigbird Premium bisa digunakan

untuk layanan perjalanan bisnis maupun wisata. Bigbird Premium unit Alpha dan unit Bravo untuk bus layanan pariwisata. Armada Bigbird Premium Alpha memiliki kapasitas 14 exclusive seats dan ditambah dengan ruang entertainment, sedangkan Bigbird Premium Bravo memiliki kapasitas 12 exclusive seats.

Harga sewanya? Menurut Sigit, untuk harga sewa Bigbird Premium Bravo sekitar Rp 4,2 juta/hari, sedangkan Bigbird Premium Alpha sekitar Rp 9,5 juta/hari, baik untuk luar kota maupun di dalam kota. Sayangnya, Sigit enggan menyebut dana yang digelontorkan untuk merealisasikan pengadaan unit Bigbird Premium Bravo dan Alpha. “Harganya 2 kali lipat dibanding Bigbird yang biasa,” jawabnya singkat.

Sebenarnya, PT Blue Bird sejak tahun 2012 Big Bird telah melakukan peningkatan layanan dan memperkenalkan berbagai armada baru seperti armada Bigbird Premium Bravo dengan 12 exclusive seat, dan tahun 2013 memperkenalkan “entertainment room” pada armada Big Bird Bravo.

Selain itu, tahun 2016 Blue Bird memperkenalkan armada premium bus 9 executive seat khusus Bali, dan layanan Big Bird Jalan-Jalan tujuan Bandung, tahun 2017 memperkenalkan layanan shuttle Jakarta Airport Connection (JAC) dengan armada 25 seat, pada tahun 2019 memperkenalkan armada Big Bird Premium Bus 44 dan 54 seat menggunakan jenis bus high deck, dan Bravo 31 seat, serta layanan “Big Bird Jalan-Jalan Rute Puncak. “Saat ini kami mengelola sekitar 623 unit armada Bigbird, dan jumlahnya akan terus ditambah sesuai kebutuhan,” kata Sigit.

Sigit menambahkan, saat ini Bigbird telah melayani di delapan kota di Indonesia, yaitu di Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Sejak kehadirannya tahun 1979, Bigbird telag melayani sekitar 20 ribu penumpang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved