Strategi Bukalapak Dorong UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

AVP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak, Baskara Aditama

Bukalapak meluncurkan program satu tarif untuk layanan Super Seller sebesar 0,5%. Program tersebut diberikan untuk mendukung ketahanan pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi.

“Kami ingin membantu dengan menyediakan beragam keuntungan menjadi Super Seller dengan biaya layanan hanya 0.5%, serta fitur-fitur baru seperti fitur Discount Package, tampilan lapak yang baru, hingga Dashboard Analytics untuk memonitor pendapatan dengan lebih mudah,” kata VP Marketplace Bukalapak, Kurnia Rosyada dalam acara Strategi Baru Bukalapak Bantu UMKM di Masa Sulit Pandemi (04/02/2021).

Adapun keuntungan yang bisa didaptkan adalah para pelapak bisa menaikan angka transaksi hingga lima belas kali lipat dan akan mendapatkan badge Super Seller, mendapatkan gratis ongkos kirim, mendapatkan cashback voucher eksklusif, bonus 5% budget promosi, hingga dapat mengikuti campaign & flash deal tanpa biaya tambahan.

Super Seller sendiri adalah fitur layanan dari Bukalapak yang dirancang untuk membantu pelapak mendapatkan keuntungan lebih dari berjualan di platform Bukalapak dengan hanya menyisihkan sebagian kecil dari hasil penjualan mereka. Saat ini, ada lebih dari ratusan ribu pelaku UMKM yang terdaftar sebagai Super Seller di Bukalapak. Layanan ini berpotensi membantu pelapak menaikkan transaksi hingga 15x lipat. 

Sementara itu, AVP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak, Baskara Aditama mengatakan bahwa pelapak juga harus jeli dalam memantau tren pasar untuk memaksimalkan panjualan.

Di awal tahun 2021 ini, menurutnya, barang-barang yang berhubungan dengan pandemi masih menjadi pencarian yang populer di Bukalapak, diikuti dengan hobi yang menunjang kegiatan di rumah aja, seperti tanaman hias dan console gaming.

“Materi seperti inilah yang juga akan dibagikan ke para pelapak Super Seller dalam online workshop sehingga mereka semakin siap mengikuti Kontes Pelapak Indonesia serta memanfaatkan layanan Super Seller dengan makin optimal”, kata Baskara. Sebelumnya, Bukalapak juga telah meluncurkan Kontes Pelapak Indonesia yakni program yang ditujukan untuk para UMKM.

Program tersebut diluncurkan untuk membantu para UMKM meraih keuntungan. Kontes Pelapak Indonesia akan berlangsung 1-28 Februari 2021 dengan rangkaian acara yang diawali oleh sesi edukasi dan pelatihan pengembangan bisnis untuk pelapak melalui online workshop sebelum mulai mengikuti kompetisi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)