Strategi CIMB Niaga Untuk Digital Marketing

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak agenda yang telah dirancang perusahaan atau pelaku bisnis terpaksa harus dilakukan secara digital. Walaupun demikian, mereka berupaya tetap menjaga kualitas pelayanan kepada pelanggannya. Atas kondisi inilah strategi digital marketing yang terukur terasa kian penting.

Muhammad Firdaus Andjar, Brand Strategy Head PT Bank CIMB Niaga Tbk., berbagi tips supaya dapat berkembang dalam digital marketing. Menurutnya, ada tiga hal utama yang perlu dilakukan agar meningkatkan digital marketing terutama di era kenormalan baru ini.

“Membangun komunitas untuk menciptakan brand evangelist, memilih channel yang tepat untuk nasabah berdasarkan segmen dan minatnya, dan menciptakan konten yang relevan,” ujarnya di acara Webinar & Virtual Awarding Indonesia Digital Marketing Champion 2021 dengan tema “Navigating Digital Marketing Strategy to Win e-Commerce Market” yang diselenggarakan SWA dan Swanetwork.

Andjar mengatakan, perusahaannya juga menerapkan ketiga unsur di atas dalam mensukseskan digital marketing. Ketiganya cukup melekat di dalam 5 strategi brand actvity CIMB Niaga yang tidak hanya mampu meningkatkan digital marketing tetapi juga menyokong bisnis perusahaan.

Pertama, secara reguler mengumpulkan customer insight. Kedua, memahami kebutuhan tiap segmen. Ketiga, memanfaatkan kanal komunikasi dan konten yang relevan. Keempat, menyelaraskan produk dengan kebutuhan pelanggan. Kelima, membentuk gerakan sosial: komunitas Kejar Mimpi di tahun 2017.

Andjar melanjutkan, bentuk aktivitas dari strategi tersebut di antaranya yaitu CIMB Niaga membangun sebuah platform Employee Warrior yang menyuarakan produk dan servis melalui media sosial karyawan terpilih, melakukan 250 digital activity secara organik di komunitas Kejar Mimpi, merekrut Brand Warrior dari para micro-influencer, meningkatkan engagement di media sosial, hingga memaksimalkan Kejar Mimpi mobile apps untuk menmbuat kamapnye bagi anak muda dalam bentuk artikel, podcast, webinar. “Kami memasukkan produk dan servis di dalamnya secara soft selling,” ungkapnya.

Selain itu, CIMB Niaga juga melaksanakan kegiatan dengan skala yang lebih besar. Seperti Forum Indonesia Bangkit yang menghadirkan pembicara CEO dan menteri. Dan yang paling menyedot perhatian, kata Andjar, sejak dua tahun belakangan CIMB Niaga Syariah menyelenggarakan Haya Online Ramadhan. Sebuah seri acara selama bulan Ramadhan yang terdiri dari online bazaar, Kajian Islami Online, Haya Berbagi, sampai konser online.

“Bisa dibilang acara pertama dengan konsep seperti ini. Haya Online Ramadhan sangat menyedot pemirsa, terlihat dari result bahwa acara ini bisa mencapai 167% target bisnis kami. Secara awareness mendapat 160.000 organic views,” ungkap Andjar. Dia juga mengatakan bahwa ke depannya CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah akan mempertahankan aktivitas-aktivitas brand yang selaras dengan strateginya tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)