Strategi Datsun Menaklukkan Pasar di Kuartal II 2016

Meski ekonomi sedang melemah, namun mobil Datsun mampu menjadi salah satu pemain di segmen mobil LCGC dengan pangsa pasar 20%. Pada pameran Jakarta Fair kemarin, Datsun berhasil menjual 639 unit mobil. Sejak kuartal pertama di 2016, merek mobil asal Jepang ini juga telah menambah dealer  menjadi 111 di kota-kota di Indonesia.

Sejak pertama kali dliluncurkan di Indonesia pada Mei 2014, brand yang berada di bawah Nissan Motor Co., Ltd ini sudah melancarkan berbagai strategi pemasaran. Salah satunya dengan program reality show pemburu mimpi yang mampu menembus “Top 10” program reality show terbaik di Indonesia.

“Menyambut kuartal II/2016, kami sudah menyiapkan berbagai langkah strategi marketing untuk memantapkan posisi di Indonesia,” ujar Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia.

Straetgi yang pertama dilakukan Datsun saat masuk ke pasar Indonesia 2014 dengan melakukan kegiatan Datsun Explore Your Style.

Datsun

Kompetisi ini, melombakan modifikasi mobil Datsun sesuai dengan kepribadian konsumen. Di kuartal kedua ini, kompetisi ini akan kembali digelar. Pihak Datsun juga akan mengadakan program Datsun Risers Expedition, yaitu kegiatan menjelajah alam bersama para pengendara mobil yang diperkenalkan di Jepang ada 1914 ini.

Tak ketinggalan, program sosial membantu kualitas pendidikan anak-anak Indonesia melalui Datsun Raising Hope. Harapannya dengan berbagai kegiatan tersebut,   mobil yang bermakna secepat sambaran petir ini akan semakin dikenal masyarakat luas.

Untuk layanan penjualan dan after sales, Indriani mencanangkan dua hal, yaitu menambah jumlah dealer di kuartal kedua hingga 116 dealer dan meningkatkan layanan purna jual. Selain itu, tahun ini akan memperkenalkan produk baru sebagai salah satu bentuk refreshment produk.

Datsun Go dan Go+ Panca menjadi dua produk yang diluncurkan pada bulan Agustus 2016. Kedua mobil ini memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah tumble-seat pada baris kedua yang memberikan akses lebih mudah bagi penumpang baris ketiga untuk keluar masuk mobil. Seatbelt pada baris kedua juga dilengkapi dengan retractor sehingga memberikan rasa aman dan nyaman.

Kedua mobil tersebut sudah tersedia di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Keduanya ditargetkan akan mampu mencapai penjualan hingga 3.000 unit per bulan sampai akhir 2016. New Datsun Go Panca dijual dengan harga Rp 95,7 juta, sementara New Datsun Go dibanderol dengan harga Rp 97,1 juta -120,95 juta.

Indirani cukup optimistir, karena di kuartal pertama pada bulan April hingga Juni 2016, penjualan Datsun mampu mencapai peningkatan 10% dibandingkan tahun lalu dengan total 10.000 unit. Hal ini terjadi karena dua faktor, pertama meningkatnya brand awareness masyarakat terhadap brand mobil Datsun. Kedua, adanya perayaan Idul Fitri, sehingga penjualan tinggi pada kuartal I/2016. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)