Strategi Gaet Pelanggan Blibli Lewat Gamification

Geoffrey L. Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation and Development Blibli.com saat mencoba game Capit, (7/11/2019).

Blibli.com menerapkan gamification atau penggunaan elemen permainan sebagai salah satu strategi utama untuk menggaet perhatian dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan selama berlangsungnya Hari Belanja Online (Harbolnas).

Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli Histeria Syok! 2019, mengatakan, “Gamification telah menjadi tren untuk berinteraksi dengan pelanggan di industri e-commerce. Dengan menghadirkan games yang didukung alur cerita, tantangan dan hadiah yang seru, pelanggan semakin terdorong untuk berinteraksi dengan platform penjualan online. Blibli.com memanfaatkan tren ini dengan meluncurkan mini games di aplikasi Blibli.com, termasuk Capit (Cara Berbelanja Paling Irit) yang menjadi permainan utama selama Harbolnas.”

Capit diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2019 seiring dimulainya pesta belanja, yaitu Blibli.com Histeria Syok! dan akan hadir hingga 31 Desember 2019. Capit memberi kesempatan bagi para pelanggan dengan menawarkan berbagai diskon dan tambahan cashback. Para pelanggan dapat memainkan Capit dengan mengumpulkan lima Token Histeria, di mana setiap token didapatkan setelah berbelanja minimal Rp100.000.

“Program pesta belanja termasuk permainan Capit ini merupakan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi para pelanggan Blibli.com. Hingga kini, Capit sudah dimainkan setidaknya 470.000 kali oleh para pelanggan,” lanjut Geoffrey.

Pesta belanja pun akan berlanjut selama Histeria Syok 11.11 di November dan Histeria Syok 12.12 di Desember, di mana Blibli.com akan menghadirkan penawaran istimewa bersama merchant partner, selain melanjutkan cashback dan flash sale.

“Mengingat besarnya trafik saat Harbolnas, Blibli.com juga meningkatkan performa mobile website dengan mempercepat proses loading laman sebanyak 70%. Loading laman yang cepat sangat penting dalam meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan karena mereka dapat mencari barang-barang yang diinginkan dengan cepat dan bertransaksi dengan mulus di platform kami,” kata Geoffrey.

Salah satu kategori yang terpopuler adalah BlibliMart yang menjual berbagai groceries, atau kebutuhan sehari-hari. Di periode 10.10 tahun ini, penjualan BlibliMart meningkat sebesar 10% dibandingkan periode 10.10 di 2018.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)