Strategi Iwan Purnama Kembangkan Wiho di Indonesia

Bermula dari sekolah robot, kini PT Teknologi Pintar Indonesia  (TPI) mengembangkan bisnisnya di bidang wireless home. Menurut Iwan Purnama, Presiden Direktur TPI, peran teknologi mendominasi kehidupan dan membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Melihat kebutuhan tersebut, tahun ini perusahaan yang juga memiliki Robopark Indonesia meluncurkan WiHo(Wireless Home) yang merupakan karya asli Indonesia.

Melalui alat ini, pengguna dapat melakukan kontrol peralatan elektronik apapun yang terdapat di rumah dengan menggunakan smartphone, di manapun pengguna berada. Sistem WiHo memiliki artificial intelligence, yang memungkinkan pengguna memprogram peralatan elektronik sesuai kebutuhan. Contoh,  pengguna bangun tidur jam 6 pagi, maka lampu teras secara otomatis akan padam, mesin cuci telah selesai mencuci pakaian, kopi dan sarapan sudah tersedia. Bagaimana WiHo dapat bekerja? Ada dua perangkat yaitu software yang di-install ke cloud computing dan hardware yang di-install di rumah pengguna.

Alat ini juga dilengkapi dengan sensor-sensor yang dapat memberikan informasi untuk diolah oleh mini processor, seperti sensor api, sensor suhu, sensor gerakan, dan sensor jika ada kaca yang dipecahkan. “Secara umum WiHo dapat mengatur empat peralatan di rumah secara real time, yaitu lampu teras, AC kamar utama, colokan listrik di area servis—mesin cuci, dapur,  serta ruang tamu.

Saat ini WiHo menyediakan empat layanan paket, yaitu Classic—layanan dasar dari WiHo, Moderate (4 manula switch, fire indicator sensor/moving sensor), Comfort (6 manual switch load dan fire sensor plus moving sensor), dan Diplomat (door lock & AC control, SMS Gateway, serta 2G,3G,4G sim card support).

“Tantangan kami adalah bagaimana menyediakan alat yang murah untuk konsumen di Indonesia. Karena saat ini Rp 1 juta hanya untuk motherboard-nya saja. Investasi terbesar ada di program WiHo,” ungkapnya.

Belum genap setahun diluncurkan, WiHo sudah memiliki beberapa klien, seperti HK Realtindo, Olympic Development, dan Sentul City. Pemasaran pun dilakukan dengan konsep retail distributor, yaitu bekerja sama dengan Mitra 10, Depo Bangunan, dll. Ke depannya, perusahaan akan mengembangkan WiHotel dan WiHospital. “Kami akan terus berinovasi dan mengenalkan produk dalam negeri ini kepada kementerian terkait,” imbuh Iwan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)