Strategi Jamkrindo Pacu UMKM di Usia ke-51

Direktur Utama PT Jaminan Kredit Indonesia, Putrama Wahju Setyawan

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-51 pada bulan Juli mendatang. Dalam perayaannya, Jamkrindo berkomitmen untuk terus memacu sektor UMKM di Indonesia yang merupakan pondasi bagi perekonomian nasional dan berkontribusi bagi kebangkitan ekonomi nasional.

“Kami menyiapkan berbagai infrastruktur dan akses pendukung demi memberikan kemudahan pengajuan penjaminan. Juga tidak lupa untuk mengakomodir kebutuhan UMKM dalam hal pemberdayaan sehingga kedepannya dapat menjadi UMKM Naik Kelas,” kata Direktur Utama PT Jaminan Kredit Indonesia, Putrama Wahju Setyawan.

Dari sisi korporasi, Putrama mengungkapkan tema strategis perusahaan tahun ini yaitu Tuning & Consolidating Business to maintain sustainable performance. Berdasarkan hal tersebut, program yang dilakukan antara lain pengelolaan portofolio yang prudent, penyempurnaan TI dalam proses bisnis dan juga penerapan four eyes principles sebagai bagian dari mitigasi risiko perusahan.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, menjelaskan bahwa penjaminan menjadi salah satu komponen yang didorong Pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Kementerian bersama stakeholder terkait dan juga pihak swasta, serta asosiasi berkolaborasi untuk mendorong penyerapan produk-produk UMKM dan kebangkitan para UMKM dari dampak pandemi” kata dia.

Untuk mendorong UMKM naik kelas dan dapat menjadi daya ungkit perekonomian nasional, perseroan mengembangkan aplikasi Jamkrindo Online Suretyship (JOS) untuk mempermudah UMKM mengajukan peminjaman suretyship. Dengan aplikasi tersebut, principal yang membutuhkan penjaminan proyek tidak harus datang langsung ke kantor Jamkrindo, melainkan cukup mendaftarkan diri melalui website.

“Kami juga memiliki platform digital yang dibuat sebagai layanan akses modal usaha UMKM dan kebutuhan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan,” Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo, Suwarsito menambahkan. Platform tersebut, menurutnya, bisa menjadi jembatan antara UMKM yang memerlukan pembiayaan dengan lembaga keuangan yang menyalurkan pembiayaan UMKM.

Untuk merayakan momen Ramadhan, perseroan berkolaborasi dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) melakukan pembagian 5.100 paket sembako, santunan kepada anak yatim piatu serta pemberian bantuan kepada 51 tenaga honorer Jamkrindo.

Sementara itu, Jamkrindo juga memberikan 3 ambulance kepaa masyarakat. Dalam program Jamkrindo Peduli Pendidikan, perseroan memberikan beasiswa prestasi kepada 51 anak keluarga tenaga kesehatan dan 51 beasiswa prestasi untuk anak karyawan outsourcing Jamkrindo. Tidak cuma di kantor pusat, acara pembagian sembako dan santunan anak yatim juga akan serentak dilaksanakan di 9 kantor wilayah, 56 kantor cabang di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)