Strategi Jitu Transformasi Digital, untuk Bangkit dan Kompetitif di Era “NEW NORMAL” & Post COVID-19

Arief Yahya, CEO Telkom Indonesia periode 2012-14, dan Menteri Pariwisata Indonesia 2014-2019 (Foto: kemenPar).

Di era Pandemi selama tiga bulan terakhir ini, banyak perusahaan yang sebelumnya berkinerja cemerlang, dalam waktu pendek penjualannya drop. Ada memang sejumlah perusahaan yang justru diuntungkan dalam kondisi ini. Namun, secara umum ada yang omsetnya tergerus 20%, 50%, bahkan ada yang hanya tinggal 10%, atau harus menutup operasi perusahaannya. Hal ini sudah banyak dibahas di media berbagai penyebabnya.

Di tengah kejadian ini, sejumlah perusahaan juga seperti terdesak untuk melakukan akselerasi transformasi digital. Disrupsi karena perkembangan teknologi yang pesat sejak beberapa tahun terakhir, memang sudah membuat banyak perusahaan merangkul teknologi. Ini antara lain untuk membuat perusahaannya relevan dengan tuntutan pasar, gaya hidup, pola belanja, cara bekerja, dsb. yang berubah cepat dan signifikan dengan adanya disrupsi. Nah, di era Pandemi, desakan itu menjadi makin menekan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita dapat bangkit kembali setelah hampir kita semua diterjang badai akibat Covid-19? Bagaimana strateginya? Dan bagaimana pula kita dapat melakukan transformasi digital yang tepat, pas dan komprehensif untuk betul-betul dapat menunjang kebangkitan dan daya saing bisnis kita?

Awal Juni 2020 ini, Arief Yahya, CEO Telkom Indonesia periode 2012-14, dan Menteri Pariwisata Indonesia 2014-2019, didukung Tim MarkPlus Inc. menulis White Paper dengan judul “Marketing at Accelerating Digital Transformation”. Penulisan White Paper ini merupakan kelanjutan dari presentasi Arief Yahya pada webinar di MarkPlus Forum 21 April lalu dengan tajuk “Industry Roundtable untuk Surviving the COVID-19 Preparing the Post” pada Telecommunication Service.

Dalam webinar yang diikuti oleh kurang lebih 700 peserta tersebut, Arief memperkenalkan konsep 3D, yaitu Digital Imperative, Decoding Economy, dan Unusual Way of Digital Transformation. Webinar yang dipimpin Hermawan Kartajaya Founder dan Chairman MarkPlus Inc. ini dihadiri oleh Johnny G. Plate, Menteri Kominfo, Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, dan berbagai perwakilan dari perusahaan serta asosiasi telekomunikasi Indonesia.

Konsep 3D ini diformulasikan Arief berangkat dari melihat situasi industri telekomunikasi saat ini terutama dalam mewujudkan transformasi digital. Ada tiga hal menurut Arief yang menjadi catatan. Pertama, pelaku industri telco sudah seharusnya memahami pentingnya digitalisasi. Kedua, decoding economy berarti kemampuan perusahaan untuk melihat peluang bisnis yang ada meskipun di tengah krisis. Ketiga, pelaku industri telco perlu melakukan transformasi digital secara merata dan kuat.

Berikut ini wawancara dengan Arief Yahya tentang strategi untuk bangkit, menjalankan transformasi digital, dan menjadi kompetitif di era New Normal dan Past Covid-19:

SWA: Dalam 3 bulan terakhir di masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang terpangkas pendapatannya. Mulai dari yang bisnisnya turun sekitar 25% sampai yang di atas 50%. Bahkan sampai ada yang terpaksa harus menutup usahanya seperti misalnya yang bergerak di bidang perhotelan dan penerbangan. Nah, mulai bulan Juni ini, PSBB secara bertahap mulai dilonggarkan dan era New Normal dimulai. Menurut Bapak, bagaimana bisnis-bisnis ini dapat bangkit lagi di era New Normal? Apa yang harus mereka siapkan dan lakukan? Baik secara umum atau secara khusus per bidang industri?

Arief Yahya (AY): Dalam menyambut era new normal, perusahaan wajib menyesuaikan peraturan pemerintah yang berlaku untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan dan karyawannya. Selanjutnya, perusahaan juga perlu menyiapkan strategi digital dikarenakan pelanggan sudah mulai terbiasa dengan digitalisasi. Selain itu, misalnya, mengacu pada framework untuk menghadapi COVID-19 dari MarkPlus, Surviving Preparing dan Actualizing (SPA), perusahaan dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)