Strategi Lippo Malls Menggenjot Penjualan Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Bagi pengelola mal ini seperti Lippo Malls dimanfaatkan untuk menawarkan program-program menarik agar pengunjung mal lebih memilih malnya untuk dikunjungi. Apalagi di ujung Ramadan, masyarakat mempersiapkan hari nan fitri agar tampil lebih baik dari hari biasanya.

Program belanja menarik hingga Late Night Sale, dekorasi Ramadan hingga selfie corner, gerai zakat, hiburan Ramadhan, fashion show koleksi Lebaran, dan program berbagi di bulan Ramadhan disiapkan Lippo Malls untuk menyambut Ramadhan tahun mi.

Lippo Malls Indonesia operator mall di Indonesia yang mengelola 68 mal di 35 kota besar Indonesia, kembali menghadirkan tema ‘Pesona Ramadhan’ untuk menyambut bulan puasa tahun  2018. Darwin A. Rani, Deputy Operations Director Lippo Malls Indonesia, mengungkapkan sepanjang Ramadhan, biasanya total pengunjung Lippo Malls naik 50% dibanding hari biasa. 

Karena tiap daerah di Indonesia memiliki tradiai yang berbeda dalam menyambut Ramadhan, maka mlalui program Pesona Ramadhan ini, Lippo Malls berupaya menampilkan keberagaman budaya di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk itu, jaringan mall ini akan menampilkan dekorasi dengan tema arsitektur masjid yang memiliki keunikan dan bernilai sejarah bagi umat muslim di Indonesia. Contohnya, Masjid Agung Tuban yang berada di Tuban, Jawa Timur, karena masjid itu didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam. 

Selain itu, ada Masjid Cheng Ho yang memiliki gaya arsitektur‘ khas perpaduan antara masjid dan klenteng yang didominasi wama merah, hijau, dan kuning, Nama masjid ini diambil dari Laksamana Cheng Ho, seorang tokoh angkatan laut Tiongkok yang beragama Islam dan melakukan perdagangan ke Indonesia. 

Atrium mal akan menjadi pusat dari semua kegiatan Ramadhan ini, seperti acara Ngabuburit di mana akan ada pertunjukan Rampak Bedug (kesenian Banten dalam memainkan bedug sebagai alat musik), Tari Saman (tarian Suku Gayo untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat Aceh), juga Gambus, Nasyid, dan Marhaban, hiburan musik yang mengalunkan lagu-lagu pujian untuk menyambut datangnya Ramadhan. 

Selain itu,  akan ada acara Majelis Lucu Indonesia, Beauty & Hijab Parade, Chickadee Kids Club, Sound of Ramadhan by Voice of Indonesia, Tari Sufi (tanan berputar-putar yang sangat fllosofls), Ramadhan Zakat Expo, dan penampilan dari sejumlah artis Indonesia di beberapa mall di wilayah Jakarta. 

Lippo Malls juga akan mengadakan berbagai kompetisi bertema religi, seperti Kompetisi Marawis, Kompetisi Kids ReHgi Fashion, Kompetisi Hadroh, Lomba Tadaruz Quran, Lomba Adzan, Lomba Wajah Muslimah, Kompetisi Hijab Cantik, Lomba Hijab Anak, dan Lomba Juz’ama. 

Peragaan busana koleksi busana Lebaran akan turut memeriahkan  Ramadhan Bazaar  denga berbagai koleksi fashion dari tenant di Lippo Malls, juga bazaar makanan Indonesia dan bazaar takjil untuk pengunjung yang bemiat berbuka puasa bersama keluarga di mal. Jika ingin mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-teman, beberapa mal juga menyediakan selfie corner yang bisa dimanfaatkan.

Untuk pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, Lippo Malls mengadakan sejumlah program diskon. Beberapa mal akan menggelar Late Night Sale, lucky draw, dan program belanja berhadiah, dengan nilai pembelanj aan tertentu yang berkisar dari Rp 250-500 ribu bisa mendapatkan hadiah berupa merchandise menarik, lucky dip ataupun Ovo Point. Dibuatnya program belanja ini tentunya untuk meningkatkan jumJah pengunjung selama bulan Ramadhan. “Untuk peningkatan transaksi kami tidak tahu pasti, karena setiap tenant tidak ada yang secara terbuka menyebutkan peningkatan penjualannya. Tapi dari beberapa tenant yang ditanyatakan minimal transaksi naik 30%,” ujarnya di Plaza Semanggi Jakarta (14/05/2018).

Sebagai bentuk kepedulian dan melengkapi kegiatan di bulan Ramadhan, Lippo Malls juga mengadakan acara berbuka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa di setiap mal yang berada di bawah manajemen Lippo Malls. Program Corporate Social Responsibility ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya. “Lippo Malls memang ingin menampilkan keberagaman dalam keseragaman. Sebab pada dasamya, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang membuat negeri ini menjadi begitu kaya. Keberadaan Lippo Malls yang menyebar menjadi bukti bahwa Lippo Malls ingin menjadi bagian dari keberagaman budaya masyarakat Indonesia dengan membuat event yang sesuai dengan peta demografis untuk mengadaptasi perbedaan budaya yang ada,” terang Darwin.

Pemilihan Pesona Ramadhan juga didasari keinginan Lippo Malls untuk melestarikan budaya Indonesia, dengan mengajak para pengunjung untuk menikmati kembali tradisi bulan puasa yang sudah dilakukan sejak dulu di berbagai daerah di Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia itu sangat kaya, dan pihaknya ingin orang Indonesia khususnya generasi muda kembali melakukan tradisi-tradisi yang saat ini mulai dilupakan. "Jadi, kami sekaligus bemiat mempromosikan kembali budaya tanah air kita” tambah Darwin.

Nidia N. Ichsan, Corporate Public Relations Manager Lippo Malls Indonesia, menambahkan Pesona Ramadhan merupakan event  tahunan yang diselenggarakan serentak di 68 mal milik Lippo Malls.  Perubahan lifestyle yang terjadi di masyarakat yang cukup dinamis, menjadikan fungsi pusat perbelanjaan bukan hanya sebagai tempat belanja. Pusat perbelanjaan saat ini bertranformasi menjadi pusat aktivltas dari masyarakat karena telah menjadi rumah ketiga di mana sebagian masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di pusat perbelanjaan selain di rumah dan kantor. Dengan alasan ini, Lippo Malls terus berupaya melengkapi fasilitas untuk pendukung untuk menjadikan mal nyaman dan ideal untuk mendukung setiap aktivitas pengunjung.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!