Strategi Martha Tilaar Dukung Co-branding Wonderfull Indonesia

Selama puluhan tahun, Martha Tilaar Group aktif mempromosikan wisata Indonesia melalui produk kecantikannya dengan brand Sariayu.

“Sekembalinya saya dari Amerika, saya melihat kosmetik adalah sesuatu yang menjadi gengsi para wanita—membandingkan kosmetik satu dan lainnya, produksi dalam dan luar negeri. Padahal Indonesia memiliki karakter tersendiri. Bagi saya wanita Indonesia harus memiliki identitas kecantikannya,” ujar ibu dari empat  anak ini.

Co-Branding Partnership Wonderfull Indonesia Forum 2017 (Doc.SWA)

Kini, memasuki usia perusahaan ke-47 tahun,  tetap berpegang pada filosofi “Local Wisdom Go Global” dan mengusung semangat Beautifying Indonesia. Melalui semua unit bisnisnya, perusahaan ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga terhadap produk buatan dalam negeri.

Semangat tersebut bukan hanya  slogan, namun menjadi tujuan dan cita-cita yang direalisasikan melalui berbagai kegiatan dan program yang fokus pada empat pilar. Pertama,  Beauty Culture, yakni brand Sariayu menghadirkan tren warna yang berasal dari kekayaan alam, seni, dan budaya Indonesia dipadu dengan tren warna dunia.  Kedua, Beauty Education. Ketiga,  Beauty Green. Keempat, Empowering Women.

Berangkat dari hal tersebut, Martha melihat Indonesia semakin berbenah, terutama di sektor pariwisata. Apalagi pemerintah memiliki target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2019 dengan mempopulerkan kampanye Wonderfull Indonesia (WI)/Pesona Indonesia (PI) ke dunia internasional dan mengembangkan potensi wisata daerah—prioritas 10 destinasi Bali Baru.

“Kami mendukung program pemerintah. Secara kebetulan kami memiliki tren warna 2017 yang mengangkat tema inspirasi Gili Lombok, di mana pemerintah pun memasukkan kawasan Mandalika ke dalam 10 destinasi prioritas,” tambah wanita yang pernah menempuh pendidikan di Academy of Beauty Culture, Indiana," jelas Martha.

Tidak hanya Sariayu yang memperkuat keunikan WI, melalui unit bisnis lainnya, perusahaan juga berpartisipassi mengenalkan pariwisata dan budaya nusantara yaitu Martha Tilaar Spa yang mengusung konsep “The Authentic Indonesia Spa Experience”--hadir dari Aceh hingga Papua. Ada pula Roemah Martha Tilaar yang berisi informasi perjalanan hidup sang pendiri dengan latar belakang Gombong. Di tempat ini pula kerap diselenggarakan kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi kemasyarakatan dan pelestarian budaya.

“Kami lakukan 3C, yaitu Connection seperti dengan Kementerian Pariwisata, universitas, dan lainnya. Lalu Collaboration—dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengadakan lomba riset dari bahan alami bagi para doktor dan profesor. Ketiga, Compete, di mana kami harus mampu beradaptasi dan melakukan upgrade untuk dapat berkompetisi,” ungkap Martha.

 

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)