Marketing Trends zkumparan

Strategi Pemasaran Alternatif Untuk Produk Kreatif

Pandemi COVID19 berpengaruh besar terhadap sektor perekonomian dunia tidak terkecuali produk kreatif Indonesia yang belakangan sedang berkembang. Dua tahun terakhir, produk kreatif Indonesia mengepakan sayapnya melalui bazar kreatif. Namun, musim pandemi memaksa kegiatan tersebut tidak bisa lagi terlaksana demi menahan penyebaran virus.

Ku Ka sebagai salah satu platform online yang fokus untuk produk UMKM Indonesia menginisiasi The Local Market Online untuk membuat alternatif pemasaran produk Indonesia yang sedang terimbas.

“Masa pandemi ini memang terasa berpengaruh terhadap penjualan kami, terutama karena banyak stock di offline store dan beberapa sudah dipersiapkan untuk event bazar.” ujar Sanjung sebagai pemilik Sancraft.id

Hal serupa diungkapkan Casa Grata, sebagai produsen kudapan sehat di The Local Market, “Sejak pandemi, pembelian bahan kami terbatas diiringi penjualan yang menurun.”

Merespons hal ini, Ku Ka platform online yang mengkurasi dan memasarkan produk UMKM Indonesia yang juga penggagas The Local Market ID membuat alternatif pemasaran berupa bazar online di platform miliknya. “Saat ini keadaannya memang sedang sulit, The Local Market signature bazar kami seharusnya berjalan di akhir Maret lalu. Kami merasa tidak bisa berdiam diri demi berjalannya pemasaran produk lokal Indonesia, maka kami putuskan untuk mengadakan The Local Market secara online.” ujar Titonius Karta, Founder dari KuKa.

The Local Market Online ini menjadi harapan tersendiri bagi brand lokal yang terlibat. “Harapannya, The Local Market Online bisa turut membantu meningkatkan penjualan dan naikin brand awareness kami lagi.” ujar Sanjung dari Sancraft ID sebagai salah satu brand yang terlibat.

Latar Belakang The Local Market Online by KuKa The Local Market adalah bazar khusus produk lokal yang digagas oleh PT KuKa Aku Suka berkolaborasi dengan banyak artisan di Indonesia. Pada tiap penyelenggaraannya, The Local Market berfokus pada pengembangan sustainable product dari UMKM lokal untuk menciptakan circular economy.

Memasuki tahun keempat, di tahun 2020 ini, The Local Market membuat konsep yang berbeda dari bazar sebelumnya. Tidak lepas dari misi untuk mengembangkan produk lokal dan menciptakan komunitas yang luas bagi para pelaku usaha, pengrajin dan produsen lokal, The Local Market – Spring Edition yang seharusnya diselenggarakan 27-29 Maret 2020 ini juga menggaet banyak komunitas untuk berkolaborasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved