Marketing Trends

Strategi Restoran Tingkatkan Pendapatan di Bulan Ramadan

Berbagai menu sajian Ramadan di Restoran Santhai (Foto : Niken/SWA)

Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, momentum ini juga dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatannya, terutama di bisnis kuliner.

Pelaku kuliner makanan ini memiliki peluang besar meraup untung di tengah bulan Ramadan. Bagaimana tidak, mulai dari jajanan pasar hingga restoran menjadi serbuan masyarakat ketika berbuka puasa. Biasanya momen ini dijadikan tempat untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat hingga rekan kerja. Sehingga sejumlah restoran berlomba menghadirkan promo menarik selama Ramadan untuk menggaet pelanggannya.

Hal ini ditemukan di beberapa restoran yang dikunjungi oleh tim SWA Online beberapa waktu lalu di pusat perbelanjaan Grand Indonesia. Yoyo, Manager Restoran Waroeng Kopi Grand Indonesia mengatakan selama Ramadan biasanya terjadi peningkatan pengunjung hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasanya. Dalam

Ramadan tahun ini, pihaknya menawarkan paket berbuka puasa, restoran khas Indonesia menu takjil sampai dengan makanan penutup. Paket Ramadan Waroeng Kopi tersedia mulai dari harga Rp90.000 sampai dengan Rp100.000 dengan tiga pilihan paket. Yang tidak kalah menarik Waroeng Kopi juga menyediakan Aneka Bubur Tampah Ramadan. Aneka bubur manis tradisional khas Indonesia ini terdiri dari Bubur Sumsum, Bubur Biji Salak, Bubur Kacang Ijo, dan Bubur Ketang Item.

“Selain itu, kami juga menjual hampers yang berasal dari produk-produk UMKM,” ujarnya kepada SWA Online.

Kefe Betawi juga menawarkan promo menu Paket Bedug yang telah dimulai pada tanggal 22/23 Maret sampai 22 April 2023. Pengunjung dapat membeli paket berbuka puasa dengan set menu lengkap serta mendapatkan free takjil mulai dengan harga Rp79.000.

“Dengan adanya Paket Bedug Ramadhan dan beragam minuman favorit tersebut, kami berharap dapat meningkatkan traffic pengunjung yang datang,” tutur Murnie, Marketing Kafe Betawi Grand Indonesia.

Selain makanan Indonesia, Restoran Santhai yang menyajikan makanan khas Thailand juga ikut menyemarakkan Ramadan tahun ini dengan memberikan pengalaman dalam berbagai makanannya kepada pelanggan. Tak hanya makanannya dengan presentasi yang unik, akan tetapi pengunjung juga dimanjakan dengan interior dengan sentuhan modern tropical sehingga seperti sedang bersantai di pantai.

“Tempatnya unik, sehingga bisa nyaman berbuka puasa dengan keluarga ataupun kerabat di sini,” ujar Erick Limans, Marketing Santhai kepada SWA Online.

Di bulan Ramadan tahun ini, Penang Bistro juga kembali menghadirkan Ramadan Group Set Menu dan Ramadan Takjil dengan mengusung tema Blissful Ramadan. “Penang Bistro juga menyediakan beberapa menu special Ramadan takjil yang dikreasikan oleh para chefnya,” tutur Andhika Marketing Penang Bistro.

Annisa Hazarini Asst. Manager Corporate Communications Grand Indonesia membenarkan bahwa setiap bulan Ramadan akan terjadinya peningkatan pengunjung yang akan berbelanja untuk kebutuhan Lebaran ataupun sekadar berbuka puasa bersama keluarga dan kerabatnya. Di tahun ini pihaknya memperdiksi peningkatan pengunjung hingga 25%.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved