Marketing Trends

Strategi Sukseskan Kampanye Brand Dibahas Ramadan Insights 2023

Shanti Tolani Country Head & Board of Director MMA Indonesia

Setelah 2 tahun digelar secara virtual, Ramadan Insights 2023 kembali hadir secara offline pada 9 Maret 2023 di Park Hyatt Jakarta. Forum ini dimulai dengan keynote opening speech oleh MMA Global Indonesia Board of Director dan Managing Director Emtek dan CEO Vidio Sutanto Hartono.

“MMA Ramadan Insights 2023 menjadi platform bagi industri kami. Kami memiliki para pemimpin pemikiran yang berbagi perspektif unik mereka tentang bagaimana bisnis dan merek dapat terus berkembang di pasar yang semakin kompetitif terutama selama fesitive season Ramadan. Saya yakin bahwa semua peserta memperoleh banyak pengetahuan dari acara ini dan saya menantikan lebih banyak lagi acara serupa dari MMA Global Indonesia,” jelas Sutanto.

Topik diskusi berpusat pada kerangka strategis dari kampanye yang sukses seperti tren consumer trends, compelling content, strategi e-commerce, perpaduan antara tech dan consumer behavior, pendekatan untuk non-food brand, dan perjalanan komunikasi Ramadan.

InMobi menyajikan pandangan baru mengenai komponen utama dan mendukung wawasan mereka melalui data. Ini membuka jalan baru bagi brand untuk dipertimbangkan seperti Lock Screen – sebagai bagian dari perangkat consumer di mana menurut studi oleh InMobi, lebih dari 30 juta orang Indonesia menghabiskan waktu 10 menit dalam sehari untuk mengonsumsi konten dan memungkinkan mereka memiliki pengalaman unik. Data tersebut juga menunjukkan bahwa 626 juta penayangan tercatat di Lock Screen dalam 6 bulan di bidang hiburan saja.

Ramadan Insights 2023 juga mendobrak konvensi dan mengeksplorasi model non-food brand. Studi oleh P&G menekankan pada bagaimana menerjemahkan ide besar menjadi kenyataan dan bagaimana pemahaman mendalam mengenai consumer base sangat penting bagi non-food brand untuk membuat kampanye yang menonjol.

Bidang fokus lain mengkaji rencana komunikasi untuk kampanye Ramadan. Riset oleh Kantar membahas mengenai nilai-nilai utama Ramadan dan menunjukkan nilai keberanian dalam melepas cara tradisional untuk mendorong afinitas yang lebih kuat di antara consumer.

Rohit Dadwal, MMA Board Member dan Managing Director APAC, MMA APAC mengatakan, MMA Ramadan Insights 2023 adalah acara yang dinantikan oleh industri terkait. Brand dan bisnis akan memperoleh keuntungan besar selama festive season. Namun, untuk mencapainya mereka membutuhkan winning strategy.

Strategi itu perlu didasarkan pada narasi pertumbuhan yang dibangun berlandaskan teknologi. Marketers dan advertisers juga perlu melakukan pendekatan proaktif dan memanfaatkan global footprint melalui strategi komunikasi yang solid. MMA Global Indonesia menyusun deretan pemimpin industri yang menangani kerangka kerja ini dan memberikan keahlian dan wawasan tajam tentang komponen yang membuat kampanye berhasil. “Saya senang dengan tanggapan dari para peserta dan saya yakin mereka menerima wawasan berharga yang mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam kampanye Ramadan mereka,” tuturnya.

Country Head & Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani menguraikan, ruang digital terus menjadi salah satu battleground utama bagi brand dan bisnis pada festive season. Penting untuk digarisbawahi karena hal ini menawarkan peluang untuk terhubung dengan audiens dan mendorong pertumbuhan bisnis. Topik yang luas dan mendalam yang dibahas pada Ramadan Insights 2023 berharga dan relevan untuk industri ini.

“Hal ini, dapat membantu dan mengarahkan brand menonjol di industri. Saya juga senang dengan respons peserta. Mereka memperoleh banyak hal penting yang dapat diimplementasikan dalam strategi mereka sendiri untuk kampanye Ramadan yang sedang mereka persiapkan. Kami menantikan festive season Lebaran yang meriah tahun ini,” ucap Shanti.

Sebagai asosiasi, MMA Global Indonesia menyadari pentingnya pemasaran dan periklanan yang terus berkembang dengan menyediakan platform yang mendukung industri untuk memenuhi tuntutan pasar mereka.Acara tahunan MMA Global Indonesia, Ramadan Insights 2023, menyatukan pelopor

Shanti mengaku, forum tersebut dihadiri oleh dua ratus peserta. Diselenggarakan oleh MMA Global Indonesia, asosiasi marketing dan advertising, Ramadan Insights 2023 menyatukan para pendukung industri untuk berbagi insights mengenai cara menyusun strategi Ramadan yang sukses. Presenting partner untuk acara tersebut adalah InMobi. Dan session partner lainnya yaitu Unilever, Mayora, Telkomsel, GoPlay, Paragon Corp, P&G, DMP Communications, Dentsu, Graas, Mintel, Magnus, Kantar, dan KapanLagi Youniverse.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved