Strategi Traveloka dan Citilink Dorong Pemulihan Industri Pariwisata Domestik

Menyongsong liburan pertengahan tahun ini Traveloka  menggandeng  Citilink,  mengadakan   program #PromoTengahTahun guna  mendorong  pemulihan  industri  pariwisata  Tanah  Air  yang terdisrupsi pandemi COVID-19. Melalui produk Tiket Pesawat yang dapat diakses di aplikasi Traveloka,  #PromoTengahTahun  menawarkan  harga  khusus  untuk ‘regular  zone  selection’ dengan potongan harga  hingga 20% untuk  periode booking dari  tanggal 16 hingga  27  Juni 2021  dengan  rute  keberangkatan  dari  Jakarta  (CGK),  Medan  (KNO),  Yogyakarta  (YIA), Surabaya (SUB) atau Makassar (UPG) ke seluruh destinasi domestik.

Program  terbaru ini juga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan voucher Traveloka Eats serta potongan harga untuk pembelian keanggotaan CitiSport melalui Traveloka Xperience. Iko Putera, Director of Transport Traveloka menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan  komitmen  Traveloka  dalam  mendukung  gerakan  #DiIndonesiaAja  yang diusung oleh pemerintah  dalam  upaya  mengembalikan  geliat  pariwisata  domestik. 

“Sebagai lifestyle superapp, kami percaya bahwa menghadirkan inovasi melalui pengembangan teknologi serta memperluas  kolaborasi  merupakan  salah  satu  strategi  untuk  mengatasi  pandemi yang memiliki   efek   bola   salju   untuk   menggiatkan   pariwisata   domestik   dan   menggenjot perekonomian  nasional,” jelasnya.

Iko mengungkapkan, dalam upaya  membangkitkan  kelesuan  ekonomi  akibat pandemi  ini  harus  dibarengi  dengan  penerapan  protokol  kesehatan  yang  ketat  guna menghentikan    laju    penyebaran    COVID-19,    yang    mana    terefleksi    dalam    program #PromoTengahTahun.

Menjadi  bagian  dari  kontribusi  Traveloka  dan  Citilink  untuk  gerakan  #DiIndonesiaAja  untuk mempromosikan  destinasi-destinasi  wisata  di  dalam  negeri  kepada  masyarakat,  program #PromoTengahTahun juga mengedepankan aspek protokol kesehatan yang sesuai dengan standar  nasional  maupun  internasional  melalui  berbagai  inisiatif  yang  diterapkan. 

Selain inisiatif  yang  dilakukan  oleh  Citilink,  Traveloka  juga  menghadirkan  rasa  aman  dan  nyaman selama pandemi melalui portofolio produk Traveloka Clean Partners yang end-to-end, mulai dari layanan antar jemput bandara, pemesanan tes COVID-19, ragam pilihan akomodasi, penyewaan Rental Mobil, menjelajahi kota melalui produk local services Traveloka Xperience, hingga pembelian produk asuransi.

Benny Rustanto, Chief Commercial Officer PT Citilink Indonesia, mengatakan Citilink berkomitmen  untuk  memberikan  pelayanan  yang  terbaik  bagi  para  penumpang  untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Pihaknya  memahami bahwa di tengah situasi  pandemi,  penerapan  protokol  kesehatan  yang  ketat  menjadi  krusial  untuk  memutus mata  rantai  penyebaran  COVID-19.  “Untuk  itu,  kami  menerapkan  protokol  kesehatan  yang ketat  di  seluruh  lini  operasional  penerbangan,  baik  dari pre-,  in-,hingga post-flight sesuai dengan  ketentuan  pemerintah,  melakukan  desinfeksi  pesawat  secara  rutin,  penggunaan HEPA  di  seluruh  pesawat, contactless  check-in,  dan  seluruh  awak  pesawat  yang  bertugas telah divaksin sebagai upaya proteksi untuk menghindari penularan virus COVID-19,” jelas Benny.

Citilink  juga  turut  mendukung  pariwisata  melalui sport  tourism dengan  salah  satunya menghadirkan penawaran khusus CitiSport membership yang diharapkan dapat tidak hanya mendongkrak  pariwisata domestik,  namun  juga  mendorong  untuk    menerapkan gaya hidup sehat.

Menurut Benny, melalui #PromoTengahTahun, konsumen dimanjakan dengan pilihan periode terbang dengan berbagai kupon dan penawaran menarik hingga Juni 2022 serta harga khusus untuk pilihan ‘regular zone’ yang merupakan produk pilihan kursi khusus yang menawarkan layanan berupa gratis  minuman. Selain  itu,  manfaat  tambahan  seperti  gratis  voucher  Traveloka  Eats  dan diskon 20% untuk keanggotaan CitiSport dengan pembelian melalui Traveloka Xperience juga dapat dinikmati oleh konsumen selama program berlangsung.

Program CitiSport yang telah ditawarkan oleh Citilink sejak 2013 menawarkan tambahan bagasi gratis hingga 20 kg untuk penumpang yang membawa alat olahraga.Terdapat  beberapa  kegiatan olahraga  yang  dapat  dinikmati  oleh  anggota  CitiSport,  seperti bersepeda (CitiCyclink), golf (CitiGolf), menyelam (CitiDiving), berselancar (CitiSurfink), serta gantole  (CitiFly). 

CitiSport  juga  mengakomodir  tingginya  minat  dan  kesadaran  masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini juga terlihat dalam pergeseran tren pariwisata di masa pandemi, yang mana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyebutkan bahwa pariwisata luar ruang yang diisi dengan kegiatan berolahraga (sport tourism) semakin populer di tengah masyarakat, terlebih setelah adanya pandemi. “Kami percaya upaya pemulihan sektor pariwisata dan kesehatan harus selaras. Traveloka selalu  siap  untuk  berkolaborasi  dengan  mitra  untuk  mendukung  upaya  pemerintah  dalam menghidupkan  sector pariwisata  domestik  dengan  tetap  menjalankan  protokol  CHSE  yang ketat serta mendorong gaya hidup sehat, salah satunya melalui kegiatan olahraga,” ujarnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)