Sucofindo Permudah Akses Layanan Lab Melalui Simlab

Sosialisasi Simlab pada pegawai terkait (Dok. Sucofindo).

Perusahaan inspeksi PT Sucofindo melalukan terobosan dengan membuat aplikasi “Simlab”. Aplikasi ini nantinya akan membantu pelanggan dalam mendapatkan informasi jasa laboratorium Sucofindo secara cepat dan akurat.

Dilengkapi dengan fitur tracking order, pelanggan dapat memantau secara real time dan secara berkala akan menerima informasi quality control/trend pengujian produk.

Tak hanya itu, menurut Direktur Komersial 2 PT Sucofindo, M. Haris Witjaksono, aplikasi digital ini juga dapat menjawab kemudahan dan kecepatan pengujian. Sebab, dalam aplikasi tersebut terpantau ketersediaan alat dan bahan kimia di laboratorium.

Overload pekerjaan di satu laboratorium tidak akan terjadi, akan ada transfer pekerjaan ke setiap laboratorium Sucofindo, ada pemerataan kompetensi tiap personil, serta tidak ada lagi bahan kimia yang expire dan tidak teroptimalisasi dengan baik,” kata Haris di Jakarta, (04/07/2019).

Aplikasi ini juga dijadikan sebagai alat integrasi pelayanan laboratorium Sucofindo ke seluruh titik layanan yang tersebar di Indonesia. Kepala Strategic Business Unit Laboratorium PT Sucofindo, Anwar Tahir mengatakan, pihaknya menargetkan implementasi Simlab di tiap layanan laboratorium Sucofindo akan selesai pada akhir Oktober 2019 dan akan terus dilakukan pengembangan.

“Para pelanggan di tiap layanan akan merasakan manfaat dan service yang sama di mana pun mereka berada, sebab aplikasi ini dirancang untuk memudahkan interaksi antara pelanggan dengan pelayanan bisnis laboratorium, serta sebagai alat untuk memonitor setiap cabang agar tercapainya kinerja yang lebih efektif dan efisien,” ujarnya

Oleh karena itu, saat ini Sucofindo telah melakukan sosialisasi dengan melakukan pelatihan bagi pegawai terkait mengenai penggunaan dan tata cara Simlab pada 20-21 Juni 2019. Sosialisasi ini memberikan wawasan secara teknis maupun non-teknis mengenai Simlab dan penggunaannya sebagai tahap awal penerapan Simlab di masing-masing cabang.

“Sucofindo khususnya melalui SBU Laboratorium wajib mengetahui, memonitor dan membina kompetensi seluruh laboratorium cabang, dan itu menjadi komitmen kami,” kata Anwar.

Guna peningkatan jasa pelayanan lainnya, laboratorium Sucofindo sudah mempersiapkan beberapa pengembangan jasa pengujian baru dan ikut serta dalam perumusan standarisasi, seperti pengujian audio visual dan produk luminer, pengujian radio frekuensi untuk produk informasi teknologi seperti handphone, komputer, dan tablet, pengembangan jasa laboratorium halal, serta pengembangan laboratorium EMC yang saat ini masih dalam kajian bersama.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)