Sun Life Gunakan Sitcom Webseries Tingkatkan Literasi Asuransi

Segmen muda mulai dibidik serius Sun Life Financial Indonesia. Terlebih diketahui ada 2 juta pasangan di Indonesia menikah per tahun. Maka itu edukasi dan kampanye yang digunakan pun harus menggunakan pendekatan yang berbeda.

Sejalan dengan kampanye baru Sun Life Financial dengan tagar Lebih Baik Sekarang, diluncurkanlah webseries sitcom yang berkisah tentang Keluarga Surya.

Dikatakan Ellin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, indeks literasi asuransi di Indonesia pada 2016 hanya 15,76%, masih rendah.  Indeks literasi yang diperoleh dari hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turun dibanding tahun 2013 yang sempat menyentuh 17,64%. "Indeks itu menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi baik terhadap industri asuransi relatif rendah," tuturnya di Lounge XXI Plaza Senayan (31/05/2018).

Tambahan lagi, ternyata ada 2 juta pasangan  di Indonesia yang menikah per tahun. "Angka ini mengejutkan saya, artinya banyak pasangan muda di Indonesia setiap tahun. Maka itu  Sun Life Financial menyasar target keluarga muda. Sedangkan seperti kita ketahui, keluarga muda sekarang lebih menabung untuk jangka pendek yang digunakan untuk leasure seperti wisata dan makan, menabung,  bukan untuk jangka panjang dan investasi," katanya.

Sebagai perusahaan asuransi yang sudah 23 tahun di Indonesia, Sun Life merasa penting terus berperan meningkakan literasi keuangan terutama di kalangan generasi muda. Untuk itu edukasi dan komunikasi harus lebih mudah dipahami. “Kampanye jangan menunda perencanaan keuangan dan strategi jangka panjang untuk kehidupan lebih mapan di masa depan dikemas dengan menarik. Dibuatlah webseries sitcom yang sesuai dengan keadaan sekarang tentang pengelolaan THR (Tunjangan Hari Raya) berkisah tentang Keluarga Surya," terangnya.

Ia meyakini kemapanan finansial keluarga Indonesia, terutama keluarga muda akan memengaruhi kemapanan Indonesia di masa depan. Kampanye digital ini dibuat dengan tema yang sangat dekat ceritanya, relevan dan sarat makna bagi keluarga muda Indonesia. "Didalamnya terselip pesan, pentingnya menanamkan pemahaman investasi dan perencanaan keuangan sejak sekarang, sejak muda," tuturnya.

Ellin berharap kampanye yang menggunakan tema dengan tagar Lebih Baik Sekarang ini diharapkan dengan menggunakan film pendek ini pemahaman literasi keluarga muda Indonesia makin meningkat di masa datang. Web series yang terdiri dari 5 kisah Keluarga Surya ini hanya bisa ditonton di kanal Youtube Sun Life Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)