Suzuki Kembali Hadirkan Baleno

Suzuki Baleno, sedan populer dari Suzuki di Era 2000-an yang sudah lama di- discontinued, kembali akan diluncurkan ke pasar. Persiapan peluncuran sedan tersebut oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) direncanakan dalam waktu dekat. Namun  SIS enggan menyebutkan kepastiannya. “Bener kami masih belum tahu kapan peluncuran mobil tersebut,” kata Emir Reza Isnafi, Strategic Planning Dept & Corporate Public Relations SIS.

Suzuki Baleno Hatchback Suzuki Baleno Hatchback

Generasi baru Suzuki Baleno berbentuk hatchback, sebetulnya telah dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Dimulai dari konsep mobil IK-2, kemudian mobil hatchback ini dipamerkan bersama Suzuki S-Cross, versi terbaru Suzuki CrossX. Tapi, yang lebih dulu diluncurkan adalah S-Cross.

Baleno hatchback benar-benar berbeda dengan Baleno versi sedan karena menggunakan platform yang berbeda. Platform baru dari mobil ini kabarnya menggunakan mesin dengan teknologi modern dan terbaru. Namun, sayang juga pihak SIS enggan berbagi informasi mengenai mesin yang bakal digunakan. Yang jelas, menurut Emir,   mobil itu akan diimpor secara CBU dari India.

Jika didatangkan secara CBU, berarti Baleno akan menggunakan mesin produksi  Maruti Suzuki di India, yang juga merupakan basis produksi Baleno. Perusahaan patungan tersebut  sampai saat ini memproduksi  tiga mesin, terbaru 3-silinder 1.0L Boosterjet dengan turbo, 4-silinder 1.2L Dualjet plus SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) dan 4-silinder 1.3L diesel.

Mesin-mesin tersebut merupakan mesin terbaru dari Suzuki. Mesin BoosterJet 3 silinder 1.0 liter  mirip mesin EcoBoost  Ford Fiesta, mampu menghasilkan tenaga sebesar 110dk dan torsi 125 lb-ft.

Suzuki Baleno hatchback memiliki  panjang 3,995 m, lebar 1,745 m, dan tinggi 1,5 m. Bodinya dirancang di atas wheelbase 2,52 m. Ukuran itu lebih bongsor ketimbang Swift dengan panjang 3,85 m, lebar 1,695 m, dan tinggi 1,51 m. Wheelbase Swift 2,43 m.   Sedan ini diposisikan setingkat di atas model Suzuki lainnya, yakni Suzuki Swift.

Awal tahun 2016,  Baleno hatcback telah meluncur  di  Eropa.  Di Indonesia, meski  tertutup, kabar yang beredar mobil itu  akan diluncurkan pada akhir kuartal ke-empat tahun ini dan diposisikan di segmen Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)