SWA Business Leader Talk: Alternatif Kepemilikan Alat Berat untuk Memajukan Bisnis

Ivanlie, Rental & Used Division Head PT Trakindo Utama (Bawah) (Foto: Anastasia AS/SWA).

Trakindo merupakan salah satu perusahaan distributor alat berat terbesar di Indonesia. Saat ini, tercatat, ada puluhan model alat yang disediakan perusahaan sebagai solusi bagi pengerjaan proyek konstruksi dan infrastruktur.

Tidak hanya menyediakan alat berat teranyar saja, perusahaan kini sedang giat untuk mempopulerkan penyediaan alat berat bekas dan rental. Layanan ini, bisa menjadi alternatif bagi pengusaha yang membutuhkan alat berat dalam jangka waktu yang relatif sebentar, misalnya selama 4 bulan hingga 6 bulan. Berikut wawancara SWA dengan Ivanlie, Rental & Used Division Head PT Trakindo Utama dalam program acara SWA Business Leader Talk.

Apa kendala yang dihadapi bidang konstruksi dan tambang di masa pandemi ini?

Kondisi ini tidak pernah kita alami sebelumnya dan kita harus bisa survive. Kondisi volatile ini harus cepat ditangkap dengan baik. Para pengusaha konstruksi, tambang, agrobisnis, dan kehutanan seringkali mendapatkan permintaan yang sifatnya mendadak dari para pemilik proyek dan pemilik modal. Kesempatan ini harusnya bisa ditangkap oleh para pengusaha, namun belum tentu mereka memiliki dana untuk menggarap proyek tersebut. kalo pun mereka memiliki dana, belum tentu mereka memiliki alat untuk mengerjakan proyek tersebut.

Apa solusi yang ditawarkan?

Pengusaha dan profesional harus bisa mendapatkan resources untuk mengerjakan proyek tersebut, yang meliputi, people, finance, dan mechinery. Sehingga, jika memiliki alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita tidak perlu menggunakan dana sendiri. Kita bisa melakukan kolaborasi dengan suplier dan vendor untuk menggarap proyek tersebut.

Kita harus mencari partner yang bisa membantu dan memahami situasi bisnis ini, agar mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan. Jika proyek membutuhkan alat berat, namun tidak memiliki alatnya sekaran, Mereka bisa membeli atau menyewa alat berat tersebut. Ini merupakan solusi alternatif yang bisa kami berikan.

Alat berat tersebut tentunya lebih murah, namun konsumen harus berhati-hati dalam memilih. Karena tidak semua kondisinya baik. Konsumen harus membeli dari sumber yang terpercaya, dan bergaransi. Nah, jika mereka membutuhkan alat berat untuk jangka waktu yang pendek, para pengusaha bisa memilih untuk menyewanya saja.

Bagaimana caranya?

Tidak semua penjualan alat bekas sanggup memberikan garansi. Kami memberi opsi penjualan alat bekas apa adanya dan alat bekas yang bergaransi selama 6 bulan sampai 12 bulan. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan di 60 cabang Trakindo di seluruh Indonesia. Para konsumen bisa datang ke cabang dan berkonsultasi dengan representatif di setiap cabang.

Alat yang dirental apakah alat beratnya saja atau lengkap dengan operator dan teknisi?

Saat ini, kami menyewakan alatnya saja tanpa operator. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menyewakan bersama dengan operatornya, jika memang dibutuhkan. Teknisi itu pasti akan kami sediakan. Setiap unit yang direntalkan akan dipelihara dengan baik. Unit yang disewakan akan dilakukan pengecekan dan akan diarahkan ke bagian penanganan jika ada trouble. Layanan tersebut tersedia di seluruh Indonesia, kabupaten dan kota. Kami juga ada di remote area, karena alat berat digunakan untuk menambang batu bara, mineral, nikel, emas, bauksit. Di lokasi-lokasi yang banyak populasinya, kami biasanya akan membuka pusat layanan untuk membantu proyek, dalam hal penyediaan teknisi dan operator.

Apa pengalaman yang paling challenging yang pernah dihadapi?

Dalam pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) menjadi tantangan tersendiri. Proyek tersebut harus melakukan pengerukan kanal dan membuat stasiun. Pada proses pengerjaanya, dibutuhkan strategi untuk bagaimana caranya bisa mengeruk dengan cepat, sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Kami, sebagai provider juga ikut memikirkan solusinya dan mencari alat yang bisa membantu melakukan pengerukan dengan lebih cepat. Saat itu, kami melakukan study banding dengan negara lain untuk mencari alat dan teknologi yang cocok. Setelah cocok, kami beli dan sewakan alat tersebut kepada pihak MRT. Kami membeli alat tersebut di Inggris. Alat tersebut memungkinkan proses pengerukan terjadi dengan cepat dengan menggunakan teknologi. Kami menggunakan eksplorasi teknologi tinggi, sehingga bisa mempercepat pengerjaan project dan bisa lebih efisien.

Berarti memang ada alat yang sengaja dibeli baru dan kemudian disewakan?

Iya, jika memang ada kebutuhan dan terjalin kesepakatan, maka kami tidak ragu untuk mengirimkan alat baru. Tidak masalah untuk kami.

Apa keunggulan dari sistem penyewaan alat berat?

Keunggulan lain dari menyewa alat berat adalah jika performa produk yang disewakan sudah menurun, kami akan ganti alat tersebut. konsumen tidak perlu berpikir untuk mengganti atau menservicenya. Karena, kami yang akan menangani semuanya.

kami pastikan alatnya bisa performance dengan baik. Kalo unitnya sudah menurun, kami akan menggantinya. Ini keunggulan menyewa, jika performancenya sudah turun. Maka, kami yang ganti, konsumen tidak perlu memikirkan hal itu. Karena kami yang akan menangani.

Selain itu, konsumen tetap bisa menikmati teknologi terbaru. Misalnya, di sektor hutan. Kami memiliki teknologi untuk memotong pohon dengan lebih efisien.

Paling efisien memang memiliki alat berat sendiri. Karena bisa dimanage sesuai dengan keinginan kita. jika memang tidak memiliki alat, dan membutuhkan alat berat untuk jangka pendek, konsumen bisa menyewanya saja.

Sementara, untuk proyek jangka panjang, saya pikir, konsumen juga harus melihat terlebih dahulu apakah yang dikerjakan pekerjaan berat atau tidak. Kalo hanya memaintenance jalan atau saluran, unit bekas akan cukup digunakan. Namun, jika pekerjaanya memakan waktu 24 jam sehari, konsumen lebih baik membeli alat baru, karena bisa menghasilkan output yang lebih baik dibandingkan alat bekas.

Apakah ada program khusus penyewaan ini?

Saat ini, kita siap untuk membantu konsumen yang bergerak di bidang infrastruktur dan konstruksi di wilayah jawa dan sekitarnya dengan program Jawara. Program khusus untuk konsumen yang menyewa Ekskavator kelas 20 ton, kami memberikan harga Rp45 juta secara bulanan, dengan batas waktu 200 jam per bulan. Program ini tersedia di seluruh cabang Trakindo di wilayah Jawa dan Bali.

Apakah Trakindo menjual di pasar luar negeri?

Alat berat merek Caterpillar telah menjadi komoditas dunia. Unit bekas Caterpillar bisa dijual di seluruh dunia.

Apakah alat berat bekas juga bisa mendapatkan teknologi terbaru?

Tergantung produk yang dibeli. Namun, produk Caterpillar sudah sejak lama menggunakan teknologi. Setiap produk Caterpillar terkoneksi dengan komputer, sehingga konsumen bisa memonitor kesehatan produk, pemakaian bahan bakar, hingga keberadaan alat tersebut di monitor dan semuanya terlacak.

Ada berapa jenis produk yang direntalkan?

Kami adalah satu satunya penyedia rental yang memiliki produk paling komplit, dari kelas 4 ton hingga 150 ton kita punya. Model yang kami sediakan berjumlah puluhan. Selama itu merek Caterpillar dan kita bisa support, maka akan kami rentalkan.

Umur alat berat tersebut masih muda. Perlu dicatat, kami akan tetap mengganti produk yang produktivitasnya sudah menurun, meskipun alat tersebut sedang disewa oleh konsumen. Sehingga, konsumen tetap mendapatkan performa yang maksimal dari alat yang disewa.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)